Home / Berita Banjar / PAMERAN BONSAI NASIONAL

PAMERAN BONSAI NASIONAL

 Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Banjar menggelar Pameran Bonsai Nasional. Sebanyak 520 bonsai menghiasi pameran dan kontes bonsai nasional yang digelar di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar, dari tanggal 3-10 Maret 2019.
  Acara ini buka oleh Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, Minggu 03 Maret 2019, dan dihadiri oleh Asda 1 Setda, Tomy Subagja dan Kadispora Banjar, Nana Suryana.
  Pameran dan kontes bonsai ini diikuti oleh 28 kota maupun kabupaten se Indonesia, diantaranya Kalimantan Selatan, Lampung, Bali, Madura, Wonosobo, Blitar, Nganjuk, Cilacap, Purworejo, Tulung Agung, Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Bandung, Cirebon, Kuningan, Palembang, Tangerang, Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Banjar.
   Ketua PPBI Kota Banjar, Nana Suryana yang juga Wakil Wali kota Banjar mengatakan bahwa Pameran Bonsai ini masih dalam rangkaian HUT ke-16 Kota Banjar, Alhamdulillah, sudah banyak warga masyarakat yang berbondong-bondong datang ke lokasi untuk melihat berbagai macam bonsai berkelas,” ujar beliau.
  Beliau menambahkan, ada berbagai jenis macam bonsai yang ikut dalam pameran dan kontes ini, seperti Serut, Anting Puteri, Asem, Sisir, Wahong, dan lain-lain. “Dalam pameran ini, bonsai yang dikonteskan dibagi menjadi lima kelas, yakni kelas Bintang, Utama, Madya, Regional, dan Prospek,” paparnya.
  Beliau mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya gebyar bonsai ini, menurutnya, pameran bonsai ini adalah salah satu kegiatan inovatif dan kreatif yang terlihat mudah, namun susah untuk dilaksanakan. “Saya sangat mengucapkan terima kasih sekali disamping bisa mempromosikan Kota Banjar, juga dapat merangsang generasi muda, khususnya penggemar bonsai. Sebab, saya melihat di Banjar banyak potensi penggemar bonsai. Oleh karena itu, saya berharap ke depan Banjar menjadi sumber bonsai,” katanya
  Ketua penyelenggara acara Pameran Nasional Bonsai, H. Endang Hidayat mengatakan, selain untuk pameran dan kontes, acara ini pun menurutnya sebagai ajang silaturahmi para pecinta bonsai se Indonesia. Dia menambahkan, pameran dan kontes bonsai ini merupakan sebagai ajang promosi Kota Banjar di tingkat nasional. Hal ini lantaran para peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia. “Acara ini pun menjadi ajang edukasi bagi masyarakat, selain itu juga menjadi ajang promosi Kota Banjar,” imbuhnya.
  Harga bonsai yang dipamerkan dan yang mengikuti kontes ini bisa disebut sangat fantastis. Pasalnya, ada salah satu bonsai yang dipamerkan jenis Beringin Karet atau Iprik dibandrol dengan harga Rp 1,7 milyar.
Sumber        : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Jemaah Haji Telah Kembali ke Kota Banjar

Jum’at, 13 September 2019, Sebanyak 195 orang jemaah haji asal Kota Banjar bersama petugas kloter …

Wali Kota Kunjungi Perkebunan Bawang Merah dan Cabai di Binangun

Rabu, 11 September 2019, Wali kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengunjungi perkebunan bawang merah …