Home / Berita Banjar / Musrenbang Tingkat Provinsi Jawa Barat Dengan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat

Musrenbang Tingkat Provinsi Jawa Barat Dengan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat

Dalam rangka mewujudkan keterpaduan keselarasan dan sinkronisasi perencanaan pembangunan antar daerah di Provinsi Jawa Barat,  Pemprov Jabar mengadakan Musrenbang Tingkat Provinsi Jabar dengan Kab/Kota se-Jawa Barat melalui Video Conference/Virtual Musrenbang.  Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun RKPD Provinsi Jabar Tahun 2021.
Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih,  juga mengikuti acara ini dengan  didampingi oleh Wakil Wali Kota, H. Nana Suryana, Ketua DPRD, Dadang Kalyubi, Sekretaris Daerah, H. Ade Setiana,  dan Kepala Bappeda, Agus Nugraha. Bertempat di Corona Crisis Center, pada hari  Rabu, 22 April 2020.
Pada kesempatan ini juga diisi dengan arahan dari Mendagri serta Gubernur Jabar. Mendagri mengatakan bahwa “RKPD hanya bisa disusun dengan musyawarah, karena kita tahu meskipun ada desentralisasi tingkat daerah, tapi kita berada pada satu sistem pemerintahan negara, ada pemerintah pusat dan ada pemerintah daerah. Pemerintah Pusat membuat kebijakan-kebijakan umum yang bersifat strategis nasional yang perlu untuk diakomodir oleh pemerintah daerah dalam menyusun RKPD-nya masing-masing, di tingkat provinsi saya kira ini juga menjadi acuan untuk penyusunan RKPD di tingkat daerah, demikian juga jadi berlaku mekanisme top down dan mekanisme buttom up”, katanya.
Rencana Kerja Pemerintah adalah meningkatkan industri, pariwisata, investasi berbagai wilayah yang didukung oleh SDM, infrastruktur dan pembangunan berkualitas,  itu tema RKP 2021 sebelum ada Covid-19, tapi kemudian berubah. Jabar menyesuaikan dengan Rencana Kerja  Pemerintah 2021, temanya pun singkat, yaitu Peningkatan Daya Saing Daerah, dan ini mewarnai RKPD di Kabupaten/Kota se-Jabar di 2021. Gubernur Jabar menambahkan bahwa Musrenbang 2020 momentum yang penting dalam perencanaan pembangunan 2021. Yakni, ada dua agenda penting yaitu pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dan mendukung tahapan tahun ketiga pencapaian visi misi dalam RPJMD (2018-2023) yakni terwujudnya Jabar Juara Lahir dan Batin melalui Inovasi dan Kolaborasi. Terkait tema pembangunan di 2021 yaitu Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Sistem Kesehatan Daerah, Emil berharap semua daerah bisa menyamakan tema dan fokus, yakni ada peningkatan dan pemenuhan layanan dasar, konektivitas wilayah, pemulihan ekonomi masyarakat, dan penguatan kesehatan masyarakat.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Tim Terpadu COVID-19 Crisis Center Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota …

Antisipasi Pergeseran Tren Pariwisata Dunia Selepas Pandemi

Tren pariwisata dunia diprediksi akan berubah selepas pandemi Covid-19 berlalu. Ke depannya, persoalan mengenai kesehatan, …