Home / Berita Banjar / Manasik Haji Siswa RA dan TK se-Kota Banjar

Manasik Haji Siswa RA dan TK se-Kota Banjar

Sebanyak 960 siswa RA dan TK di wilayah Kota Banjar tampak bersemangat mengikuti peragaan Manasik Haji di Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar, Rabu, 21 Agustus 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kota Banjar ini mengangkat tema “Melalui peragaan manasik haji bagi Anak RA/ TK, kita tanamkan nilai-nilai Islami sejak dini untuk mewujudkan Anak Indonesia yang Berakhlaqul Karimah ”.
  Meski udara pagi itu cukup panas, tetapi anak-anak dengan memakai pakaian ihrom bagi siswa laki-laki dan baju putih bagi siswa perempuan tampak antusias mengikuti semua tahapan ibadah haji, misalnya melakukan tawaf dengan mengelilingi Ka’bah, minum air zam-zam, sai atau berlari-lari kecil, melalui terowongan Mina dan melontar jumrah. Dalam pelaksanaan manasik haji tersebut, anak-anak dibimbing langsung oleh panitia dari IGRA, yang bertindak sebagai mentor, dibantu oleh guru-guru RA dan TK yang ikut berpartispasi.
   Dalam laporannya ketua Panitia Penyelenggara dari IGRA mengatakan bahwa peragaan manasik haji ini bertujuan untuk memperkenalkan rukun Islam yang kelima kepada para siswa, selain itu juga untuk lebih mengoptimalkan ilmu yang telah mereka dapat disekolah, “Anak-anak tidak hanya menghapal doa-doa tetapi agar dapat lebih memahami tahapan praktek ibadah haji”.
   Kepala Kemenag Kota Banjar, DR. H. Badruzaman, M.Pd, S.Ag dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan kegiatan ini dapat membantu anak-anak menyongsong sebuah perintah sebagai umat Islam yang kelak akan mereka laksanakan ketika dewasa, sehingga dapat menanamkan keinginan untuk melaksanakan ibadah haji sejak kecil, juga dapat merealisasikan ajaran Islam, ” ungkapnya.
   Acara ini dihadiri juga oleh Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si yang membimbing para siswa untuk membaca bacaan tawaf putaran pertama, selain itu beliau juga memberikan dukungan moral kepada para guru untuk terus dapat bekerja dengan hati, “Semoga guru RA dan TK dapat bekerja dengan jujur, sabar, tawakal dan semangat sehingga dapat mencetak generasi siswa yang sholeh sesuai dengan Visi Kota Banjar yaitu, “Dengan Iman dan Taqwa kita wujudkan Kota Banjar Berseri Bersih Pemerintahannya, Sejahtera Masyarakatnya, Asri Lingkungannya menuju Agropolitan ”, katanya.
  Beliau menambahkan bahwa Pendidikan Agama sejak usia dini sangat penting dan bermanfaat karena dengan mengajarkan manasik haji sejak dini, dapat menjadi bekal mereka nanti, hal itu sejalan dengan perkembangan fisik anak yang mempunyai memori sangat kuat, maka dari itu mari kita tanamkan pendidikan agama pada anak-anak agar mereka tumbuh berkembang secara optimal dikemudian hari, Insya Alloh ilmu yang dipelajari saat masih kecil akan mudah diterapkan saat dewasa”, ujarnya.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …