Home / Berita Banjar / Manasik Haji Kota Banjar

Manasik Haji Kota Banjar

  Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana meminta Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Banjar agar bisa  menjaga kesehatan dan disiplin sejak mulai mengikuti kegiatan manasik, permintaan tersebut  disampaikan beliau saat membuka manasik haji JCH Kota Banjar, Selasa, 02 Juli 2019 di Aula Hotel Mandiri Kota Banjar.
 Kasi Penyelenggara Haji Kemenag Kota Banjar Endang Sarip Hidayat mengatakan calon jemaah haji dari Kota Banjar akan berangkat 1 Agustus 2019 yang tergabung di kloter 90. Jamaah haji yang mengikuti pembinaan pada saat ini sejumlah 184 orang terdiri dari 4 Kecamatan yang paling banyak dari Kecamatan Banjar sebanyak 81 orang kemudian disusul dari Kecamatan Pataruman 40 orang dari Kecamatan Langensari 39 orang dan dari Kecamatan Purwaharja 24 orang, untuk bimbingan manasik haji yang diselenggarakan tingkat kota selama 2 hari dan dilaksanakan di mulai dari tanggal 02 sampai 03 Juli 2019.
  Wakil Wali Kota mengatakan manasik haji pertama ini adalah bentuk implementasi dari program para petugas haji yaitu pertama pelayanan yang kedua bimbingan dan yang ketiga perlindungan. Kemudian dengan adanya  pelayanan dan perlindungan ini dalam kontek yang pertama pembinaan yaitu melaksanakan bimbingan manasik haji bagaimana calon calon jemaah haji ini diharapkan nanti bisa mandiri kemudian bisa tahu apa yang harus dilakukan kalau rukun haji mereka sudah paham tetapi dari mana mulainya dan lain sebagainya. “Tentunya dengan diberikan pembinaan sehingga nanti menjadi calon jemaah haji dari Kota Banjar ini betul-betul calon jemaah haji yang mandiri,” ungkapnya.
  Selain mendapatkan ilmu tentang berhaji dari manasik, JCH juga perlu menjaga kondisi kesehatan. Menurutnya, melaksanakan ibadah haji dibutuhkan kondisi fisik yang prima agar seluruh rangkaian ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik. “ Untuk mendapatkan kondisi fisik prima harus menjaga kesehatan. Bisa dilakukan dengan menjaga pola makan. Harus benar benar diperhatikan”.
   Kemudian, Wakil Wali Kota juga meminta para JCH mampu menjaga kedisiplinan sejak mengikuti manasik, disiplin dinilai sangat perlu agar bisa menjalankan semua rukun haji tepat waktu. “Saya pikir disiplin bisa dilatih dari sekarang mulai mengikuti manasik ini,” pintanya.
  Selain itu hal lain yang sangat penting adalah ilmu tentang berhaji karena akan menjadi bekal dalam melaksanakan haji nantinya. “Saya harap manasik ini diikuti dengan sungguh-sungguh, karena ilmu pengetahuan modal utama dalam menjalankan ibadah haji. Semua itu bisa didapatkan pada manasik ini. Mungkin ada hal yang belum dipahami oleh para JCH, tanyakan saja kepada pemateri selama mengikuti manasik ini.” Beliau berharap” semua JCH nantinya dapat menjalankan ibadah haji dengan sempurna dan saat kembali dapat menjadi haji yang mabrur, Aamiin.” tambahnya.
  Wakil Wali Kota juga berharap untuk para calon jemaah haji Kota Banjar yang jumlahnya 184 + 16 jadi 190 ini bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan tertib dan bisa menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.
  Kepala Kemenag Kota Banjar ikut menyampaikan sambutan juga berharap para JCH memanfaatkan kegiatan manasik dengan sebaik mungkin untuk menjadi JCH yang mandiri. Senada dengan Wakil Wali Kota, dia juga meminta para JCH mengikuti  kegiatan ini dengan sungguh sungguh untuk menggali pengetahuan tentang tata cara melaksanakan ibadah haji yang baik dan benar.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …