Home / Berita Banjar / Launching Setengah Miliar Masker

Launching Setengah Miliar Masker

Program Gerakan Setengah Miliar Masker di Kota Banjar resmi di-launching oleh H. Nana Suryana Wakil Wali Kota Banjar, bertempat di Desa Raharja dan Desa Kujangsari, Kamis 29 Oktober 2020. Sesuai edaran dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, hal tersebut sebagai bentuk perhatian dari pihak pemerintah kepada masyarakat. “Program ini atas dasar edaran dari Kemendes, tentunya kami sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga masyarakat dari paparan virus Corona”, kata Wakil Wali Kota Banjar.
Beliau menambahkan bahwa protokol kesehatan tetap harus dilakukan dengan menerapkan 3 M, agar menjadi gaya hidup dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini. “Mulai dari pemerintah pusat hingga ke Kabupaten/Kota, dengan cara menggunakan masker harus menjadi kebiasaan dan dijadikan sebagai gaya hidup ditengah melonjaknya kasus positif”, ujarnya. Baru terdapat dua desa yang melakukan launching gerakan setengah miliar masker ini. “Saya melakukan pembukaan di Desa Raharja dan di Desa Kujangsari, mudah-mudahan masyarakat dapat menggunakan masker tersebut tidak hanya sebatas dibawa dan disimpan saja di saku”, jelasnya.
Mujahid, Kades Kujangsari dan Yayat Ruhiat, Kades Raharja mengatakan bahwa pihaknya akan membagikan ribuan masker kepada masyarakat di Desanya. “Memang edaran Kenendes itu agar dilaksanakan, sepanjang dana desa masih bisa mencukupi, sehingga tergantung anggaran masing-masing desa. Di desa kami sendiri akan dibagikan setiap orang satu masker, dengan total masker yang dianggarkan sebanyak 12 ribu lebih”, katanya. Nantinya pendistribusian masker kepada warga akan melalui pihak RT/RW setempat dan harus memberikan edukasi. “Selain membagikan masker, RT/RW juga harus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya penyebaran Covid-19 dan memberikan himbauan agar dapat menerapkan protokol kesehatan”, pungkasnya.
Mereka berharap, masyarakat Desa Raharja dan Desa Kujangsari dapat menerapkan protokol kesehatan meskipun berada di rumah, terlebih cluster transmisi lokal keluarga menjadi penyebaran baru di Kota Banjar saat ini.
Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K., M.H menambahkan bahwa kegiatan launching ini merupakan bentuk implementasi dari Instruksi Presiden dan program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI), Kapolres berharap bahwa penggunaan masker ini harus menjadi kebiasaan. Adaptasi kebiasaan baru ini untuk melindungi diri kita, keluarga kita dan orang lain. “Tanpa lelah kami memberikan woro-woro dan menghimbau untuk mematuhi protokol kesehatan. Lebih lanjut dalam menindak ketidakpatuhan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, kami jajaran kepolisian bersama pihak terkait melaksanakan operasi yustisi yang itu semua dilakukan semata-mata untuk mendisiplinkan masyarakat dimasa pandemi dan untuk kebaikan kita semua”, ujar Kapolres.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Wali Kota Resmikan Ruang Pelayanan Jantung Koroner di RSUD Kota Banjar

Senin, 23 November 2020, Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih meresmikan pelayanan terbaru jantung …