Home / Berita Banjar / Launching Pendistribusian Bantuan JPS Covid-19 Kota Banjar

Launching Pendistribusian Bantuan JPS Covid-19 Kota Banjar

Rabu, 6 Mei 2020 di Pendopo Kota Banjar berlangsung acara Launching Pendistribusian Bantuan JPS Covid-19 yang berasal dari APBD Kota Banjar tahap I, yaitu untuk 8.531 kepala keluarga (KK) dari empat kecamatan di Kota Banjar, yaitu bantuan berupa beras 20 Kg dan uang tunai Rp 150 ribu dari Pemerintah Kota Banjar.
Bantuan itu khusus untuk warga yang terdampak Covid-19 dan belum terdata sebelumnya sebagai penerima bantuan apapun dari pemerintah, baik PKH, BPNT, maupun bantuan sembako dari provinsi.
“Tahap pertama akan kami salurkan kepada 8.531 KK terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan apapun sebelumnya. Warga terdampak ini sebelumnya didata dan diusulkan oleh RT dan RW ke desa. Pemerintah Desa atau Kelurahan kemudian menyampaikan ke Dinas Sosial,” ujar Wali Kota saat pelepasan bantuan.
Wali Kota meminta pihak Bulog sebagai penyedia beras medium harus bisa menyetok kebutuhan untuk penyaluran bantuan jaring pengaman sosial tersebut.
“Semoga dalam empat hari kedepan sudah selesai  penyalurannya,” harap beliau. Hadir pada acara tersebut Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, Kapolres Banjar, Dandim 0613, Ketua DPRD, Kadinsos P3A, dan para Camat se-Kota Banjar.
Wakil Wali Kota Banjar menambahkan bahwa bantuan Rp 150 ribu tidak boleh dipotong oleh siapapun, sebab untuk biaya antar dari desa ke penerima sudah ada anggarannya khusus.
Begitu pun dengan bantuan beras 20 Kg, penerima bantuan harus menerima utuh sesuai besaran bantuan.
Total anggaran yang dikeluarkan untuk jaring pengaman sosial bantuan beras dan uang tunai ini diambil dari Biaya Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp 9,6 miliar dari total keseluruhan BTT Rp 32 miliar.
“Teknis penyalurannya melalui desa dan kelurahan. Untuk uang tunai itu di transfer ke rekening desa, nanti oleh desa akan disalurkan melalui RT ke para penerima,” katanya.
Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar, mengatakan bantuan dari APBD Kota Banjar ini merupakan tahap pertama. Tahap kedua input data masih terus dilakukan oleh desa dan kelurahan untuk terus menyisir warga terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan. “Sekitar 17 ribu lebih itu data penerima bantuan yang sudah masuk ke kami. Tahap pertama kami salurkan untuk 8.531 KK. Sisanya nanti tahap kedua sambil menunggu input data yang lain, barangkali ada tambahan lagi dan sambil cek barangkali ada data yang ganda,” jelasnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Tim Terpadu COVID-19 Crisis Center Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Tim Terpadu COVID-19 Crisis Center Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota …