Home / Berita Banjar / Kunjungan Kerja Wali Kota Banjar ke Desa Mekarharja

Kunjungan Kerja Wali Kota Banjar ke Desa Mekarharja

  Jum,at, 09 Agustus 2019, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan kunjungan kerja ke Desa Mekarharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar. Selain dihadiri Wali Kota, acara ini juga dihadiri juga oleh Ketau DPRD, Kapolsek Purwaharja, Pabung Kodim 0613, para Kepala OPD, Camat Purwaharja, Kades Mekarharja, dan seluruh masyarakat Mekarharja.
  Ada yang berbeda dalam kunjungan kali ini, dimana Wali kota bersama para Kepala OPD secara marathon berjalan dari satu RT ke RT lainnya di Desa Mekarharja, kunjungan ini bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat, melihat secara langsung keadaan masyarakat dan juga untuk mengetahui sudah sejauh mana program-program yang digulirkan pemerintah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
  Sebelum sambutan Wali Kota memberikan bantuan beras dan uang untuk para jompo dan dhuafa, Wali Kota Banjar mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadi agen perubahan di lingkungannya masing-masing. Caranya, yakni dengan membiasakan bergotong-royong. “Masyarakat harus bisa jadi agen perubahan, mulai dari keluarga, masyarakat dan di lingkungan tempat tinggalnya,” ujarnya.
  Menurut Wali Kota dengan membiasakan gotong-royong di masyarakat maka akan terjalin rasa kebersamaan dan kekompakan. Sehingga terjauh dari perbuatan saling ghibah yang biasa terjadi di masyarakat.
   “Salah satu cara menangkal hal tersebut dengan melakukan gerakan solat subuh berjamaah di masjid, tadarusan Al-Qur’an tiap hari dan pengajian rutin bulanan,” ungkapnya. Selain itu, lanjut beliau masyarakat juga harus memelihara kebersihan di lingkungannya masing-masing dengan membiasakan berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sebab, hal tersebut merupakan salah satu bagian dari agen perubahan, baik bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. dampaknya sangat besar dan luar biasa, jika kita membiasakan berprilaku hidup bersih dan sehat. Ayo lakukan gerakan yang positif, desa mandiri, kota mandiri. Kalau ada unek-unek tinggal kirim surat ke Wali Kota Banjar,” jelasnya.
  Kemudian Wali Kota mengatakan bahwa pemerintah selalu memberikan motivasi serta dorongan agar masyarakat bisa mandiri dan meningkatkan kepedulian sosial dengan menumbuhkan kembali semangat gotong-royong dilingkungan masyarakat. Beliau menambahkan bahwa masyarakat Desa Mekarharja jangan berleha-leha bermalas-malasan tetapi harus semangat dan harus mengelola waktu sebaik-baiknya untuk berbuat kebaikan, salah satunya dengan bersilaturahmi dengan landasan menjunjung tinggi Visi dan Misi Kota Banjar, serta harus selalu mendukung program pemerintah, supaya Banjar makin Berseri.
  Untuk membangun sumber daya manusia, Pemerintah Kota Banjar mengadakan program “Banjar Pinter” dan “Abatasa” karena dengan mengangkat pendidikan bisa melawan kemiskinan. Sumber daya manusia tidak hanya berupa fisik, pembangunan non fisik pun harus diperhatikan seperti perilaku, etika dan moral, dengan itu Pemerintah Kota Banjar PROGRAM 1000 PELATIHAN di  BLK untuk meningkatkan kreativitas khususnya remaja dan anak-anak.
 Kalau pembangunan non fisik kurang, pada era sekarang banyak yang menebar ujaran kebencian, kemusyrikan, dan sebagainya, untuk itu dihimbau agar pendidikan fisik maupun non fisik lebih ditingkatkan, karena dengan adanya pendidikan maka akan mengurangi penebaran kebencian dan sebagainya.  Beliau menambahkan bahwa Pilpres dan Pileg telah selesai untuk itu  masyarakat agar kembali bersatu dan tetap kondusif walaupun berbeda pilihan.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …