Home / Berita Banjar / Kota Banjar Raih Penghargaan Prestasi Kinerja Sangat Tinggi

Kota Banjar Raih Penghargaan Prestasi Kinerja Sangat Tinggi

Bertepatan dengan Peringatan Puncak Hari Otonomi Daerah Ke-XXIII yang bertempat di-Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Kamis, 25 April 2019, Kota Banjar meraih Penghargaan Prestasi Kinerja dengan Status Sangat Tinggi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah peringkat ke-8 Tingkat Nasional berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2018 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2017.
  EKPPD merupakan tugas Pemerintah Pusat dalam melakukan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
 Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian/Lembaga terkait telah melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah atau EKPPD berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang disampaikan oleh para Kepala Daerah. Pada tahun 2018, EKPPD terhadap LPPD Tahun 2017 dilakukan terhadap 523 Daerah Otonom, yakni 33 Provinsi, 397 Kabupaten dan 93 Kota. Penilaian ini berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2017 yang nilainya mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penghargaan ini diserahkan oleh Mendagri, Tjahyo Kumolo, dan diterima langsung oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih.
  Mendagri mengingatkan bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah menjadi sebuah momentum untuk mengingat komitmen bersama membangun daerah. “ ini adalah komitmen bersama untuk membangun Pemerintahan Daerah yang bersih, transparan dan akuntabel dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” untuk memastikan penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, pemerintah telah, sedang, dan terus melakukan berbagai terobosan. Salah satunya adalah memperjelas mekanisme koordinasi antara Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dengan aparat penegak hukum,  ”Pemerintah daerah jangan takut untuk berinovasi. Sudah ada jaminan perlindungan hukum, bahwa inovasi tidak bisa dipidanakan”.
  Tema Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXIII Tahun 2019 adalah Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif, Tema tersebut memiliki beberapa makna pokok. Salah satunya, penyelenggaraan otonomi daerah harus mampu mendukung pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang siap dalam menyongsong Revolusi Industri Indonesia 4.0., juga merupakan strategi transformasi menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.
  Wali kota Banjar menyampaikan bahwa dengan diraihnya penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi semua OPD di lingkup Pemerintah Kota Banjar untuk lebih meningkatkan kinerjanya melalui berbagai terobosan inovasi baru sehingga program kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan publik dapat dilaksanakan secara maksimal. Selain itu beliau juga berterimakasih kepada semua OPD dan seluruh elemen masyarakat Kota Banjar yang sudah ikut berpartisipasi aktif dalam setiap program pembangunan di Kota Banjar. Penghargaan ini diberikan karena Pemerintah Kota Banjar dinilai berhasil menyelenggarakan Pemerintahan Daerah dengan prestasi kinerja dengan status Sangat Tinggi, mudah-mudahan Banjar makin berseri.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Hari Krida Pertanian Ke-47 Tingkat Kota Banjar

  Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), menggelar Hari Krida …

Pelantikan Penjabat Kades Binangun, Batulawang dan Mulyasari

  Di Aula Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Selasa, 09 Juli 2019, Wali Kota Banjar, DR., …