Kota Banjar Raih Penghargaan Kategori Pendataan Keluarga Tepat waktu

Pendataan Keluarga Tahun 2021 telah selesai dilaksanakan. Hasil kegiatan ini disampaikan dalam kegiatan Launching Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021 secara virtual di Aula Diskominfo Kota Banjar, Kamis 04/11/2021.
Pendataan Keluarga 2021 merupakan amanat Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, dimana Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data dan informasi mengenai kependudukan dan keluarga melalui sensus, survei, dan pendataan keluarga. Pendataan Keluarga (PK) rutin dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dan data yang dihasilkan akurat, valid, relevan, serta dapat dipertanggungjawabkan.
Wali Kota Banjar hadir secara langsung dengan didampingi oleh Kepala DPPKB Kota Banjar serta sekretaris Satpol PP Kota Banjar. Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan bahwa penghargaan yang dicapai merupakan hasil kerja keras seluruh tim Pendataan Keluarga Kota Banjar, sehingga pendataan keluarga yang dimulai pada tanggal 1 April sampai dengan tanggal 31 Mei 2021 di Kota Banjar dapat selesai tepat waktu. “Di Jawa Barat, ada 2 (dua) daerah yang mendapat penghargaan serupa, yaitu Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Jadi meskipun masih kondisi pandemi, para petugas Pendataan Keluarga Kota Banjar mampu menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu,” jelasnya.
Dikatakannya, pembangunan dimulai dari perencanaan yang baik, dan perencanaan tersebut tentunya harus berdasarkan data yang akurat. Pendataan Keluarga Tahun 2021 ini menghasilkan data mikro keluarga secara by name by address sebagai penyediaan data atau dasar dalam perencanaan dan pemerataan pembangunan. “Pendataan keluarga merupakan hal penting sebagai dasar pengambilan kebijakan pembangunan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada warga Banjar yang telah mengikuti pendaftaran keluarga dan memberikan data yang akurat dalam pendataan ini,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …