Home / Berita Banjar / Kota Banjar Raih Penghargaan Dari Kemenkeu Dari Raihan Opini WTP Atas LKPD Tahun 2019

Kota Banjar Raih Penghargaan Dari Kemenkeu Dari Raihan Opini WTP Atas LKPD Tahun 2019

Pemerintah Kota Banjar kembali menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan yang disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani secara virtual zoom, Kamis, 17 Desember 2020. Kota Banjar meraih dua kategori penghargaan dari Kemenkeu yaitu yang pertama penghargaan atas pencapaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan penghargaan atas raihan WTP secara berturut-turut, dimana Kota Banjar sendiri telah meraih 11 kali WTP.
Kepala BPPKAD Kota Banjar, H. Agus Eka Sumpena mengatakan, meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 namun Kota Banjar tetap bisa menyajikan laporan keuangan yang dibutuhkan dan kembali meraih WTP yang ke-11 (sebelas) kali, sehingga bisa meraih penghargaan dari Kemenkeu ini. “Karena pandemi semua kita lakukan secara daring/virtual dan hanya sesekali melakukan pertemuan, tetapi kita tetap bisa menyajikan pelaporan dan pengelolaan keuangan, sehingga LKPD tahun 2019 yang dilakukan di tahun 2020 ini kita tetap bisa mempertahankan opini WTP dari BPK,” ungkapnya.
Wali Kota Banjar berharap capaian ini bisa dipertahankan agar tahun depan laporan keuangan Kota Banjar bisa meraih WTP kembali dan menjadi daerah di Jabar yang meraih penghargaan secara berturut-turut dari Kementerian Keuangan. “Tahun depan kita akan berkomitmen tetap menyajikan laporan keuangan yang akuntabel untuk mendapatkan opini WTP kembali dan menjadi salah satu kota di Jabar yang mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu setiap tahunnya,” harapnya.
Sementara itu Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengatakan penghargaan ini bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan untuk kementerian/lembaga, provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota karena telah menyelesaikan laporan keuangan secara akurat, akuntabel dan transparan sehingga berhasil meraih WTP tahun 2019, WTP 5 kali berturut-berturut dan WTP 10 kali berturut-turut. “Sebagai wujud apresiasi kita berikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah mendapatkan opini tahun 2019 dan yang telah meraih WTP 5 kali berturut-turut, serta 10 kali berturut-turut,” katanya.
Sri Mulyani berharap capaian tersebut bisa ditingkatkan yang diikuti dengan tata kelola dalam menjalankan fungsi pemerintahan, serta capaian WTP 10 kali berturut-turut bisa diikuti pemerintah daerah lainnya untuk laporan keuangan yang lebih baik lagi. Kementerian keuangan memberikan  penghargaan ini kepada 34 provinsi, 87 kota dan 365 kabupaten di seluruh Indonesia.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan COVID-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021 …

Hari Keempat PPKM Kapolres Dan Wali Kota Banjar Gelar Patroli Malam

Diawali dengan Apel Kesiapan Personel Gabungan Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar yang dipimpin langsung oleh …