Kota Banjar Kembali Raih Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021

Kota Banjar kembali menerima Penghargaan Kab/Kota Layak Anak Tingkat Madya Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Ada yang berbeda dari penyerahan penghargaan Kota Layak Anak dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat masa pandemi Covid-19 yang masih tinggi, penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual yang bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar, Kamis 29 Juli 2021.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI menuturkan bahwa penghargaan Kota/Kabupaten Layak Anak diberikan kepada kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. Ada empat hak anak, yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, dan hak mendapat perlindungan dari kekerasan serta diskriminasi guna terwujudnya Indonesia Layak Anak. Evaluasi dan penilaian dilaksanakan secara daring mengingatkan pandemi yang belum berakhir. Ada 24 indikator penilaian yang harus dipenuhi oleh setiap kabupaten/kota. Tahun ini ada 275 kabupaten/kota yang telah mendapatkan predikat Kabupaten/Kota Layak Anak, baik tingkat Pratama, Madya, Nindya dan Utama.
Wali Kota Banjar menuturkan bahwa penghargaan ini untuk ke-4 kalinya bagi Kota Banjar merupakan sebuah apresiasi kepada pemerintah Kota Banjar yang telah berkomitmen tinggi dalam upaya mendukung terpenuhinya hak-hak anak. Beliau menambahkan bahwa Kota Banjar akan terus meningkatkan serta mengupayakan agar kedepan prestasi Kota Banjar meningkat ke jenjang berikutnya seperti halnya kabupaten/kota lainnya. “Kami menyadari bahwa untuk mencapai hal tersebut bukanlah perjuangan yang mudah karena membutuhkan komitmen yang kuat, proses yang panjang, serta pengorbanan dari seluruh pihak demi terlindunginya hak anak di Kota Banjar, sebelumnya Kota Banjar sendiri telah menerima penghargaan kota layak anak sebanyak 3 kali,” tuturnnya.

Sumber     : Dokumentasi Pimpinan Daerah Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Koordinasi Teknis Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Ngawal Jawa Barat Zero New Stunting (NGABRING) Tahun 2022

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Tim Percepatan Penurunan …

Wali Kota Buka Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Bagi Pelaku UKM

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk …