Home / Berita Banjar / Kota Banjar Berlakukan PSBB

Kota Banjar Berlakukan PSBB

Mulai diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional bersamaan dengan diterbitkannya Keputusan Gubernur No. 443/kep.10-hukham/2021 yang menetapkan aturan pembatasan sosial berskala besar di 20 kota/kabupaten di Jawa Barat, terhitung mulai 11 Januari sampai 25 Januari 2021. Dalam PSBB Proporsional nanti akan diterapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi kegiatan di ruang publik.
Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih menyampaikan bahwa keadaan Covid di Kota Banjar yang fluktuatif maka diberlakukan PSBB proporsional. “Dengan keadaan Covid di Banjar fluktuatif naik turun dalam beberapa hari ini, maka sesuai Keputusan Gubernur maka Banjar memberlakukan PSBB Proporsional selama 14 hari ke depan. Ada beberapa ketentuan yang akan diberlakukan, tapi akan diutamakan untuk yang 5M nya. Untuk check point dilakukan di RT/RW juga tidak ada bantuan JPS seperti kemarin-kemarin,” ucap Wali Kota di Pendopo Kota Banjar, Senin  (11/01/21).
Ditambahkan Wali Kota, selama PSBB masyarakat diminta untuk bekerja sama agar masyarakat bisa mengikuti imbauan protokol kesehatan dengan 5M. “Selama PSBB, kami meminta kerjasama dari masyarakat agar mengikuti imbauan protokol kesehatan melalui 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi kegiatan di ruang publik. Selain itu, seluruh pelaku usaha mulai dari swalayan, rumah makan dan cafe untuk membatasi jam operasional sampai pukul 19.00 WIB,” imbuhnya.
Dalam PSBB selain pembatasan jam operasional, pihak pemerintah juga melarang adanya resepsi pernikahan. “Saya harap, kejadian terpaparnya 36 warga dari klaster hajatan di lingkungan Siluman Kelurahan Purwaharja dapat menjadi contoh betapa berbahayanya mengadakan kegiatan kerumunan. Jadi saya mohon kerjasama dari masyarakat yang akan menyelenggarakan pernikahan untuk mengikuti aturan akad nikah di KUA saja. Dan bila ada yang melanggar dengan mengadakan resepsi, tim satgas akan membubarkannya,” pungkasnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Wali Kota Banjar Hadiri Pemakaman H. Rayis Said Zou Bin Zou

Bertempat di Tempat Pemakaman Umum Cibodas Lingkung Jelat Kelurahan Pataruman Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Wali …

Pemkot Jalin Sinergi Dengan Media Menyambut Bulan Suci Ramadan Munggahan Bareng

Pemkot Banjar menggelar silaturahmi bersama rekan-rekan media dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang bertempat di …