Home / Berita Banjar / Kota Banjar Adakan Swab Test Massal Untuk Para Tokoh Agama dan Pedagang Pasar

Kota Banjar Adakan Swab Test Massal Untuk Para Tokoh Agama dan Pedagang Pasar

Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar menggelar swab test massal di Banjar, dengan menyasar para pedagang pasar dan tokoh agama. Kuota swab test yang disediakan sebanyak 831 orang. Wali Kota menjelaskan bahwa kuota 831 orang yang disediakan akan menyisir beberapa unsur masyarakat untuk pedagang pasar, pelaku perjalanan, pusat keramaian, tenaga kesehatan dan warga masyarakat yang telah mendaptar melalui aplikasi Pikobar, termasuk para tokoh agama di Banjar.
“Hari ini kita ambil random sampling kepada para pedagang yang ada di Pasar Banjar. Kuota yang kami sediakan sebanyak 200 orang,” ujar beliau, Rabu 17 Juni 2020. Beliau menambahkan bahwa swab test massal di Banjar ini untuk Pasar Tradisional Muktisari sebanyak 103 orang, Pasar Langkap 50 orang, tenaga kesehatan 100 orang dan tokoh agama sebanyak 100 orang.
“Jumlah untuk pedagang Pasar Banjar, tempat keramaian, dan pelaku perjalanan ada 503 orang. Sisanya untuk pasien PDP, ODP dan peserta yang telah mendaftar lewat aplikasi Pikobar,” jelasnya. Hasil pemeriksaan swab test ini, para peserta harus menunggu waktu sekitar satu minggu ke depan. Sampel swab dikirim terlebih dahulu ke Balai Pengembangan Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat.
Setelah hasilnya keluar, apabila ada yang positif tentu akan dilakukan langkah-langkah prosedur sesuai SOP. Seperti melakukan tracking, melakukan pemeriksaan dan isolasi bagi yang pernah melakukan kontak langsung dengan yang positif.
“Untuk hasil swab biasanya satu minggu sudah keluar. Mudah-mudahan ini bisa lebih cepat dan hasilnya negatif,” ujarnya. Setelah meninjau lokasi swab, beliau mengelilingi Pasar Banjar menghimbau  para pedagang untuk tetap menjaga protokol kesehatan jaga jarak gunakan masker dan selalu cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …