Home / Berita Banjar / Kesrak PKK KB Desa Raharja Melaju Penilaian Tingkat Nasional

Kesrak PKK KB Desa Raharja Melaju Penilaian Tingkat Nasional

   Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK KB Kesehatan Desa Raharja, Kec Purwaharja, Kota Banjar menjadi juara pertama pada penilaian Bidang Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2019. Hal tersebut diutarakan Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana didampingi Kepala Desa Raharja, Yayat Ruhiyat, setelah menjadi juara pertama Provinsi Jabar itu, otomatis melaju ke penilaian Tingkat Nasional.
  “Dijadwalkan penilaian tingkat nasional pertengahan Februari 2019 mendatang, masih ada waktu sebulan lagi untuk perbaikan agar meraih juara tingkat nasional,” ujar Nana Suryana disela-sela acara “Rapat Persiapan Penilaian Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Nasional” di aula Desa Raharja, Selasa, 08 Januari 2019.
  Maju ke tingkat nasional itu, dikatakan beliau menjadi duta Kota Banjar sekaligus mewakili Provinsi Jabar. Menurut beliau semua itu diraih karena saat penilaian tingkat Provinsi Jabar belum lama ini, dinilai berhasil melaksanakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Kami berharap Kota Banjar Provinsi Jabar menjadi juara pertama. Namun, bukan sebatas meraih juara saja, terpenting lainnya mampu motivasi wilayah-wilayah lain supaya bisa mengimplentasikan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.
  Diantara keunggulan Kesrak PKK KB Kesehatan Desa Raharja selama ini, dijelaskan dia, kekompakan masyarakat untuk melaksanakan PHBS. Selain itu, kepemilikan Kampung KB, pengelolaan bank sampah yang baik, bergeraknya Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mampu memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit dan berdaya guna selama ini.
  “Jika ingin bercocok tanam. Janganlah menangis tak mempunyai lahan luas, karena halaman saja bias dipergunakan bercocok tanam, mencukupi kebutuhan keluarga. Bila ditata dengan baik, tanaman yang tidak mahal pun itu bisa menarik dan indah saat dipandang nanti,” ucap Wakil Wali Kota Banjar, yang juga pencinta tanaman bonsai.
  Lebih lanjut Beliau berharap masyarakat di Kota Banjar mampu meningkatkan kebersamaan, supaya lingkungan sehat dan bersih. Misal, melalui penanaman 10 bibit tanaman per rumah. “Dengan semangat gotong royong, harapan ada 10 tanaman per rumah, dipastikan terealisasi. Karena adanya saling bantu antara masyarakat yang mampu kepada warga yang kurang mampu itu,” ucapnya.
  Kades Raharja, Yayat Ruhiyat, memastikan berharap mudah-mudahan Kesrak PKK KB Kesehatan Desa Raharja menjadi juara nasional. “Semua itu bisa diraih dengan perjuangan bersama. Untuk itu, kami berharap dukungan semua pihak. Keberhasilan ini membawa nama baik Provinsi Jabar, selain Kota Banjar dan Desa Raharja,” tutur seraya menjelaskan, mayoritas warga Desa Raharja sekarang berprofesi sebagai buruh dengan kepemilihan lahan pertanian yang luas.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Panen Hadiah Simpedes BRI

Selasa, 09 April 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si, menghadiri …

Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Bencana Longsor

Rumah semi permanen di Dusun Cilengkong RT 18 RW 09 Desa Neglasari Kecamatan Banjar diterjang …