Home / Berita Banjar / Kapolres Dan Wali Kota Resmikan Dua Kampung Tangguh Di Kota Banjar

Kapolres Dan Wali Kota Resmikan Dua Kampung Tangguh Di Kota Banjar

Rabu, 24 Juni 2020,  Kapolres bersama Wali Kota Banjar secara langsung meresmikan Kampung Tohaga (Tangguh) Lodaya, di dua tempat, diantaranya Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, dan Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.
Selain Kapolres dan Wali Kota Banjar hadir pula Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan, drh. Aswin, para Kapolsek serta jajarannya, juga perwakilan TNI. “Kampung Tohaga itu, artinya masyarakat tangguh dalam segi keamanan, ketahanan pangan, kemudian ketangguhan dalam komunikasi dan informasi, kesehatan juga ketangguhan dalam menghadapi Covid-19,” terang Kapolres AKBP. Melda Yanny, SIK., MH.
Sebelum melakukan pengecekan ke titik-titik elemen pendukung kampung Tohaga, Wali Kota bersama Kapolres Banjar disaksikan oleh masyarakat wilayah Desa Sinar Tanjung dan Raharja melakukan pengguntingan pita di pintu masuk desa, hingga melanjutkan agenda kegiatan yang sudah dipersiapkan. “Harapan kegiatan ini tentu adanya sinergitas antara Polres Banjar dengan Pemerintah Kota Banjar, sehingga tercipta Kamtibmas, dan masyarakat yang semakin tangguh, ” ujar Kapolres.
Program Kampung Tohaga sendiri, diakui Kapolres Banjar diadaptasi dari beberapa Polda, yang kemudian diterapkan di Kota Banjar, sebagai program kreatif. “Ini merupakan program kreatif, melalui ATM (Amati Tiru Modifikasi) dari kegiatan beberapa Polda yang lain, dan kami terapkan disini, dan Alhamdulillah antusias warga dalam program ini sangat baik dan mendukung, yaitu bagaimana cara mengelola kampung itu menjadi kampung yang produktif dan tangguh,” imbuhnya.
Kepala Desa Raharja, Yayat Ruhiyat, mengungkapkan, jika masyarakat Desa Raharja yang berjumlah sekitar 5336 orang, yang terbagi 2 Dusun, memiliki berbagai potensi yang cukup dibanggakan olehnya, terutama dalam pertanian dan peternakan. “Masyarakat Raharja, dalam bidang pertanian dan peternakan memang sudah luar biasa, diantaranya budidaya sapi dan kambing. Saat ini yang sedang dikembangkan yaitu budidaya lele bioflok, tinggal mengatur menejerialnya seperti apa, terkait hal lainnya juga,” ungkapnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …