Home / Berita Banjar / Kampung Tangguh Di Kelurahan Situbatu Diresmikan

Kampung Tangguh Di Kelurahan Situbatu Diresmikan

Program Kampung Tangguh yang digulirkan oleh Polres Banjar semakin meluas ke beberapa desa dan kelurahan. Sebelumnya hanya satu desa sebagai perwakilan dari setiap kecamatan, kali ini adalah Kelurahan Situbatu Kecamatan Banjar dan mungkin kedepannya akan diimplementasikan di seluruh desa/kelurahan yang ada di Kota Banjar. Tujuan Kampung Tangguh adalah untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif sehingga masyarakat menjadi produktif.
Kapolres Banjar, AKBP Melda Yanny, S.IK, MH, mengatakan program ini diharapkan dapat menjadi dasar peningkatan pencegahan dan penanganan Covid-19. “Masyarakat harus diberi edukasi bagaimana cara pencegahan dan penanggulangan covid-19 ini. Disamping itu, bagaimana penanggulangan akibat dampak pandemi yang banyak menyentuh segala aspek kehidupan,” terang Kapolres.
Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan bahwa program ini memberi motivasi kepada masyarakat agar tangguh dalam menghadapi masa pandemi. “tangguh secara ekonomi, keamanan, keagamaan dan kesehatan juga secara ketahanan pangan akan membuat masyarakat yang kuat dari dampak pandemi covid-19,” tambahnya.
Hal senada dikatakan Wali Kota Banjar, H. Ade Uu Sukaesih  hadir untuk meresmikan kampung tangguh tersebut. Beliau mengatakan bahwa “walaupun pandemi belum usai, kita harus bangkit dari dampak ekonomi dan segala aspek yang berimbas dari pandemi. Tingkatkan kewaspadaan atas resiko penyebaran dengan menjalankan protokol kesehatan dengan penuh kedisiplinan,” himbaunya.
Kegiatan yang mengambil tiga titik unggulan di Kelurahan Situbatu adalah penerapanan protokol kesehatan di sekolah MI, tinjauan ke KWT RW 04 Dusun Awiluar Kelurahan Situbatu Kecamatan Banjar dan Koperasi Jamaah Masjid. Hal tersebut diungkap Lurah Situbatu, Budi Kuswandani, S.Sos, M.AP yang mengatakan bahwa keberadaan Kopjamas berkembang pesat dan sangat membantu warga di era pamdemi. Menurutnya, sejak awal Kopjamas dibantu pemerintah sebanyak 10 juta dan sampai saat ini berkembang sebesar 40 jutaan. “Koperasi Jamaan Masjid Al Falah ini sangat membantu perekonomian warga yang membutuhkan modal usaha untuk mengatasi dampak dari pandemi,” timpalnya. Jadi, ditambahkannya, khusus di lingkungan Awiluar ini, potensi untuk mencegah virus corona ini sudah tangguh. Baik itu dari sektor ekonomi dengan ketahanan pangan dari KWT Al-Barkah dan sosial ekonominya dengan Kopjamas serta sektor keamanan dengan terus mengaktifkan poskamling.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Solat Idul Adha 1441 H Di Kota Banjar

Pelaksanaan Solat Idul Adha 1441 H,  tahun 2020 di Kota Banjar dilaksanakan di Mesjid Agung …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …