Home / Berita Banjar / Kampung Tadarus

Kampung Tadarus

Dalam rangka mendukung program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (Gemmar Mengaji), Wali Kota Banjar meresmikan Kampung Tadarus yang berlokasi di Kampung Siluman Baru RT 25 RW 12 Kelurahan Purwaharja Kota Banjar, Rabu malam Kamis, 30 Oktober 2019.
Kampung Siluman Baru merupakan salah satu lokasi pilihan yang dijadikan Kampung Tadarus  di Kelurahan Purwaharja Kota Banjar, dalam menyemarakan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji. Dimana kampung tadarus ini akan didukung terus oleh Pemerintah Kota Banjar dan Kementerian Agama melalui pengawasan dan pembinaan secara berkelanjutan.
Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukesih, M.Si. menegaskan bahwa program masyarakat magrib mengaji dan Kampung Tadarus ini akan terus didukung oleh Pemerintah Kota Banjar yang bekerjasama dengan Kementerian Agama, MUI, DMI dan Ormas Islam lainnya. Hal ini dalam upaya bagaimana masyarakat Kota Banjar akan terbiasa dengan membaca Al-Qur’an atau tadarus setiap selesai Magrib hingga waktu Isya.
“Hari ini kita resmikan Kampung Siluman Baru sebagai Kampung Tadarus di Kota Banjar, mudah-mudahan setiap tahunnya kita terus akan meresmikan kampung-kampung tadarus lainnya,” tegas Wali Kota.
Ketua Ibu-ibu Pengajian/Tadarusan Kampung Siluman Baru, Hj. Lalak Siti Malak menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota Banjar yang telah mendukung program masyarakat Gemmar Mengaji dengan membentuk dan meresmikan Kampung Siluman Baru Rt 25 Rw 12 Kelurahan Purwaharja sebagai Kampung Tadarus di Kota Banjar. “Mudah-mudahan dengan diresmikannya Kampung Tadarus ini menjadi motivator bagi kampung-kampung lainnya dalam menyelenggarakan program Gemmar Mengaji di Kota Banjar,” katanya.
Dia menambahkan bahwa perhatian Pemerintah Kota Banjar dan Kementerian Agama Kota Banjar beserta Ormas Islam diharapkan dapat memberikan semangat bagi masyarakat dilingkungannya untuk terus menjalankan program Gemmar Mengaji ini. “Masyarakat di Kampung Siluman Baru RT 25 RW 12 Kelurahan Purwaharja ini sudah terbiasa berkumpul untuk mengaji selepas Magrib hingga waktu Isya. Kegiatan Magrib Mengaji ini sudah berjalan selama enam bulan,” tuturnya.
Menurut Wali Kota hal ini dalam upaya bagaimana masyarakat Kota Banjar akan terbiasa dengan membaca Al-Qur’an atau tadarus setiap hari dari Magrib hingga waktu Isya, bisa sehari se-juz, sehari se-lembar ataupun sehari se-ayat. “Hari ini dengan kehendak Alloh kita mencoba dengan meresmikan kampung siluman baru sebagai Kampung Tadarus, mudah-mudahan kedepan kita akan terus meresmikan kampung-kampung tadarus lainnya, semoga kegiatan ini dapat menjadi ajang komunikasi dan silaturahmi serta menjadi amal ibadah bagi kita semua, sebab dengan silaturahmi akan bertambah rizqi dan di panjangkan umurnya. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembangunan di Kota Banjar yang termasuk pada pembangunan non fisik yang tidak kasat mata atau terlihat, mudah- mudahan bisa membuat Kota Banjar makin Berseri”.
Pada kegiatan ini Wali Kota Banjar memberikan 50 buah Al-Qur’an bagi Kampung Tadarus Kampung Siluman Baru yang diberikan langsung secara simbolis oleh Wali Kota dan diterima oleh Ketua Ibu-ibu pengajian Kampung Tadarus Siluman Baru Purwaharja, Hj. Lalak Siti Malak.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Bantuan Keuangan Gubernur Jabar Terserap Rp 700 Miliar

Masih adanya program pembangunan di kabupaten dan kota yang belum terealisasi melalui dana bantuan Gubernur …

Penghargaan Baznas Awards 2019

Zakat merupakan sebagian harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan …