Home / Berita Banjar / KA Pangandaran Rute Jakarta-Bandung-Banjar Diluncurkan

KA Pangandaran Rute Jakarta-Bandung-Banjar Diluncurkan

  PT. Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Pangandaran relasi Jakarta-Bandung-Banjar (PP). Peluncuran dilakukan di Stasiun Banjar Rabu, 2 Januari 2018. Launching kereta api Pangandaran dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum.
 Direktur Utama PT. KAI, Edi Sukmoro mengatakan bahwa peluncurkan KA Pangandaran adalah untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan. Apalagi di tengah jalur darat yang terus mengalami kemacetan. “Angkutan masal ini sifatnya membantu bukan bersaing dengan angkutan darat lainnya. Karena perjalanan meningkat, sekarang macet. Jadi kita bantu, bukan bersaing,” ungkapnya, dan kami juga berikan promo satu bulan seperti KA Galunggung kemarin, “Selama satu bulan, untuk Banjar-Bandung tidak gratis, tapi Rp 1,” tambahnya. Jarak Jakarta – Banjar sekitar 328,8 Km akan ditempuh dalam waktu 8 jam, Sementara dari Bandung ke Banjar 155,8 km ditempuh sekitar 4 jam 30 menit.
   Selain itu, kereta ini diluncurkan karena potensi angkutan dan barang yang cukup besar, serta bisa meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Jawa Barat. KA Pangandaran terdiri dari beberapa kelas seperti eksekutif dan premium. Kereta ini berkapasitas 520 penumpang. Setelah masa promo usai, tarif akan menyesuaikan tarif batas atas dan bawah yang ditentukan pemerintah. Itu dilakukan agar tidak menyalahi aturan. Dia menambahkan bahwa tahapan reaktivasi jalur kereta api akan dilaksanakan pada tahun 2019, dengan sosialisasi terlebih dahulu,” ujarnya.
  Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PT KAI, Wagub Jabar, Wali Kota Banjar, Bupati Pangandaran, WaKapolres Ciamis dan Kapolresta Banjar, Dandim 0613 Ciamis, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar dan Kab Pangandaran serta jajaran Direksi PT Kereta Api Indonesia.
   Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, peluncuran KA Pangandaran sejalan dengan program Jabar Juara. Menurutnya, alat transportasi modern sangat ditunggu masyarakat Jawa Barat. “Oleh karena itu kami mempunyai program memperbaiki sarana-sarana transportasi di Jawa Barat, kami berterima kasih kepada PT KAI atas kolaborasi yang baik ini,” ungkapnya.
  Sementara itu Bupati Pangandaran mengatakan bahwa penamaan KA Pangandaran ini mudah-mudahan bisa membawa keuntungan besar bagi Kabupaten Pangandaran sendiri. “Tentunya akan membuat Pangandaran semakin terkenal. Ini menjadi bagian dari promosi murah dan menjadi tanda zaman bahwa Pangandaran akan semakin maju,” ungkapnya.
   Wali Kota Banjar menambahkan bahwa kereta api mempunyai kelebihan dalam mode transportasi massa, selain lebih murah dan bebas macet, juga aman dan memiliki disiplin waktu yang baik. “Mudah-mudahan kehadiran KA Pangandaran ini akan lebih banyak memberikan manfaat untuk masyarakat banyak.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

Panen Hadiah Simpedes BRI

Selasa, 09 April 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si, menghadiri …

Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Bencana Longsor

Rumah semi permanen di Dusun Cilengkong RT 18 RW 09 Desa Neglasari Kecamatan Banjar diterjang …