Home / Berita Banjar / JAMBORE ANAK TINGKAT KOTA BANJAR

JAMBORE ANAK TINGKAT KOTA BANJAR

  Di Taman Pusdai Kota Banjar, Kamis, 29 Agustus 2019, ratusan pelajar mengikuti Jambore Anak Tingkat Kota Banjar. Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Banjar, Kapolres, para Kepala OPD, Ketua TP-PKK Kota Banjar, dan para anak- anak pelajar sekolah SD/ MI, SMP/ MTS, dan SMA/ SMK/MA.
  Jambore Anak tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial PPPA Kota Banjar yang bekerja sama BUMN dan pemangku kepentingan dengan tujuan untuk menggelorakan semangat anti diskriminasi terhadap anak. Kegiatan Jambore ini diisi sejumlah kegiatan seperti permainan kekompakan tim, meningkatkan kepekaan terhadap teman yang berkebutuhan khusus, dan untuk melatih kreativitas, serta panggung pertunjukan anak-anak lainnya.
  Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, berharap Jambore Anak tahun depan lebih meriah lagi, “ Seharusnya peserta jambore anak itu adalah seluruh anak di Kota Banjar, terkait anggarannya nanti akan ditambah lagi,” ujarnya dan berharap tahun depan Kota Banjar bisa meraih Penghargaan Kota Layak Anak kembali. Penghargaan Kota Layak Anak yang diterima Kota Banjar berturut-turut, tahun 2017 dan tahun 2018 masih Kategori Pratama, sedang pada Tahun 2019 Alhamdulillah Penghargaan KLA dengan kategori Madya.
  Wali Kota berharap agar anak-anak mampu mem-filter aneka informasi yang diterima di gadget. Berdasarkan penelitian, informasi buruk dari gadget mampu merusak 5 bagian otak atau lebih buruk dari dampak penggunaan narkoba yang hanya merusak dua bagian otak saja. “Penyalahgunaan narkoba dan gadget tanpa difilter itu sama-sama membahayakan. Kondisi itu harus diantisipasi dengan menyibukkan diri di masjid dengan tahfid Al Quran, kegiatan di ikatan remaja masjid serta aneka program kegiatan positif lainnya,” tuturnya.
  “Lewat Jambore Anak ini mudah-mudahan dapat meningkatkan pemenuhan hak dan perlindungan bagi anak-anak di Kota Banjar, Jambore Anak ini hendaknya menjadi salah satu upaya membangun kesadaran dan pemahaman seluruh pemangku kepentingan di Kota Banjar.  Anak adalah subjek pembangunan yang harus mendapatkan perhatian, baik dalam skala kebijakan, anggaran dan permasalahan yang responsif seperti sekarang ini,” tuturnya
  Dengan demikian, anak-anak Kota Banjar dapat terbebas dari kekerasan. Minimal dapat mencegah kekerasan, diskriminasi dan eksploitasi. “Saya berpesan pada peserta jambore jangan sia-siakan kehidupan dengan kemalasan, keburukan dan kejahatan. Kemajuan peradaban ini tak akan mundur ke belakang selama masih ada generasi muda yang menjadi penerus,” katanya
  Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjar, H.Asep Tatang Iskandar mengatakan bahwa upaya mewujudkan Banjar Kota Layak Anak, saat ini banyak disediakan ruang ramah anak. “Kami berharap anak Kota Banjar sehat, kreatif dan genius. Untuk jambore anak tahun 2019 ini diikuti ratusan anak saja, TK/ RA, SD/ MI, SMP/MTS/ SMA/MAN/SMK ” katanya.
  Ditambahkannya bahwa Penghargaan Kota Layak Anak tahun 2019 kategori MADYA  diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise, pada acara puncak peringatan Hari Anak Nasional di Makasar, “Penghargaan dari menteri itu diterima langsung oleh Wali Kota Banjar, “ ujarnya. Penghargaan KLA tahun 2019 yang diterima Kota Banjar ini merupakan yang pertama kalinya  dengan Kategori Madya, sebab dua tahun sebelumnya berturut- turut meraih kategori pratama saja, yaitu prestasi bidang pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.
  Acara jambore anak dimeriahkan penampilan kreasi seni dari anak anak SD, SMP, SMA bahkan Wali Kota Banjar sempat mengeluarkan uang sebesar Rp 500 ribu kepada peserta jambore yang berhasil menjawab visi misi Kota Banjar.
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …