Istighosah dan Doa Bersama

Wali Kota ajak umat untuk lawan pandemi ini dengan ikhtiar lahir dan batin. Pandemi ini lebih banyak mengajarkan kita untuk selalu menanamkan kesabaran dan ketawakalan kita di saat semua kegiatan dibatasi, protokol kesehatan diperketat, silaturahmi pun terbatas hanya dengan daring. Jika kita tidak sabar maka semua ini akan terasa berat bagi kita. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun pandemi ini belum juga berakhir. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih dalam acara istighosah dan doa bersama yang digelar di Pendopo Kota Banjar pada hari Senin 30 Agustus 2021. Kegiatan yang digelar oleh Bagian Kesehatan Rakyat Setda Kota Banjar ini juga diikuti oleh perwakilan DKM, ormas Islam, serta masyarakat melalui video conference.
Wali Kota mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan ikhtiar. Ikhtiar ada dua macam, yaitu ikhtiar lahir dan batin. Ikhtiar lahir bisa dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan 5M, 3T, dan vaksin. Serta ikhtiar batin dilakukan dengan memperbanyak doa kepada Allah SWT. “Ayo luangkan waktu sejenak dan menghentikan aktivitas lain untuk bermunajat meminta ampunan dan pertolongan kepada Allah SWT agar pandemi dan wabah ini segera berakhir, selain berdoa di rumah secara individu atau berjamaah juga selipkan doa dan qunut nazilah di dalam shalat,” katanya.
Tak hanya itu, agar pandemi ini segera berakhir ambilah peran masing-masing untuk saling mendukung dan membantu sesama dan senantiasa menebar kebaikan juga amanah bagi yang menjalankan tugas. Kegiatan dilanjutkan dengan tausiah dari Kyai Haji Badar Ismail, dengan mengambil tema hijrah di masa pandemi. Beliau mengatakan memang saat ini kita tidak lagi dituntut berhijrah dari satu tempat ke tempat yang lain karena alasan musuh dan faktor yang membahayakan bagi diri dan agama yang sejatinya kita dapat mengambil makna hijrah secara maknawi dengan berikhtiar berjuang untuk kondisi lebih baik menjadi insan lebih baik dan terus bergerak ke arah yang lebih baik di masa pandemi ini.

Sumber     : Dokumentasi Pimpinan Daerah Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Istighosah Dan Do’a Bersama

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Istighosah dan Do’a Bersama …

Wali Kota Banjar Hadiri Acara Pembukaan Tahapan Penilaian Presentasi Kompetisi Inovasi Jawa Barat Tahun 2022

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan pembukaan Tahapan Penilaian Presentasi …