Home / Agama / IDUL ADHA 1440 H

IDUL ADHA 1440 H

  Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Banjar menggelar Sholat Idul Adha Tahun 1440 H/ 2019 M, yang bertempat di Mesjid Agung Kota Banjar, Minggu, 11 Agustus 2019.
  Hadir dalam pelaksanaan Shalat Ied kali ini Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Ketua DPRD sementara, Dadang R Kalyubi, Para Kepala OPD bersama jajarannya, dan masyarakat di lingkungan DKM Mesjid Agung dan masyarakat Kota Banjar lainya yang melaksanakan Solat Ied di Alun-alun Kota Banjar.
 Dalam sambutannya Wali Kota Banjar menyampaikan bahwa pada hari ini seluruh umat Islam dari seluruh pelosok dunia tengah berkumpul di tanah suci Mekkah Al Mukaromah guna memenuhi panggilan Allah SWT untuk menjalankan rukun Islam yang kelima yakni menunaikan ibadah haji.
“Demikian pula saudara-saudara kita yang berasal dari Kota Banjar yang sedang menjalankan ibadah haji, untuk itu, Wali Kota mengajak masyarakat untuk mendoakan para jamaah haji agar diberi kesehatan, kekuatan dan kesabaran dan dapat menjalankan ibadah dengan baik serta dapat kembali ke Kota Banjar dengan memperoleh predikat haji yang mabrur. Di tengah suasana perayaan Hari Raya Idul Adha ini, beliau mengajak kita semua untuk mengambil hikmah dan pesan-pesan yang terkandung dalam perayaan hari Idul Adha ini.
  Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyalurkan kurban, infaq dan sodaqohnya untuk disalurkan kepada kaum duafa yang sangat membutuhkan. “Semoga di masa yang akan datang kita dapat lebih meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita serta amal ibadah kita mudah-mudahan bisa diterima oleh Allah SWT dan dengan hikmah Hari Raya Idul Adha ini, kita akan lebih mampu membangun semangat kebersamaan guna menyongsong perubahan menuju Kota Banjar yang lebih baik serta makin berseri”.
  Khotib dalam khutbahnya menyampaikan bahwa pada hari ini kaum Muslimin sedunia merayakan Hari Raya Idul Adha dengan melaksanakan Sholat ied, karena telah sampai pada hari ke-10 bulan Dzulhijjah. Shalat Idul Adha adalah peristiwa besar yang setiap tahunnya oleh umat Islam dilaksanakan dan setelah itu ada penyembelihan hewan-hewan kurban sebagai sunnah muakad. “Setiap kali merayakan Idul Adha, kita tidak bisa lepas membicarakan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Bapak dan anak ini menjadi suri tauladan bagi kita semua dalam banyak hal, seperti dalam ketaatan dan kepasrahan diri kepada Allah SWT, kesabaran dan keikhlasan beribadah, serta dalam menjalani hidup dan kehidupan ini,”katanya.
  Dijelaskannya juga, Nabi Ibrahim AS adalah ayah sekaligus seorang hamba Allah yang lurus, berhati lembut, lagi penyantun. Ibrahim ‘Alaihi Salam seorang Nabi dengan teladan kepemimpinan yang mencerahkan. sedangkan sang anak, Nabi Ismail AS, adalah seorang anak yang sabar dan berbakti kepada kedua orang tua dan juga taat kepada Allah SWT.
  Usai pelaksanaan shalat Ied, dilanjutkan dengan penyerahan hewan qur’ban berupa sapi dari Wali Kota ke DKM Mesjid Agung, kemudian dilanjutkan dengan acara Open House di Pendopo Kota Banjar.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sidang Isbat Nikah

Sebanyak 30 pasangan mengikuti Sidang Isbat Nikah Massal Gratis di Pendopo Kota Banjar, Kamis, 10 …

Kodim 0613 Ciamis Gelar Upacara HUT TNI ke-74 di Kota Banjar

Upacara peringatan HUT TNI ke-74 tingkat Kodim 0613 Ciamis kali ini dilaksanakan di Sport Center …