Home / Berita Banjar / HUT RI KE-74 TAHUN 2019

HUT RI KE-74 TAHUN 2019

Sabtu, 17 Agustus 2019 bertempat di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar berlangsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tingkat Kota Banjar Tahun 2019, Upacara ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjar, DR. Hj Ade Uu Sukaesih, M.Si.
  Hadir dalam acara ini ketua beserta anggota DPRD Kota Banjar beserta istri, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang terdiri dari Ketua Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kajari, Kapolres, Sesepuh Kota Banjar, H. Herman Sutrisno, Pabung Kodim 0613 Ciamis, Anggota Veteran, para alim ulama, tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda serta tamu undangan lainnya.
  Pada Upacara tersebut Naskah Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Ketua DPRD sementara Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si tepat pukul 10.00 WIB saat detik- detik proklamasi, kemudian dibunyikan alarm, yang kemudian diikuti oleh bunyi- bunyian yang lainnya.
  Dalam sambutannya Wali Kota Banjar, menyampaikan bahwa hari ini kita semua diganggu rindu yang  mengingatkan kita pada sebuah kampung ditepi kota, seseorang membuat bendera kecil-kecil dari kertas minyak, merah putih lalu merekatkan pada bilah-bilah bambu kemudian memasangnya pada pintu-pintu rumah dan seterusnya dia berlari mengibarkan merah putih mengelilingi kampungnya sembari berteriak, “merdeka”. Riang pekik merdeka begitu membahana diseluruh nusantara bahkan dunia, hari ini rasa nasionalisme dan kebanggaan kita sebagai Bangsa Indonesia semakin mengemuka dan bergelora didalam dada, kita akan selalu ingat kepada mereka yang telah berjuang untuk bangsa ini hingga merdeka. Kita akan selalu terkenang akan semangat juang para pahlawan kusuma bangsa dekat sekali sedekat jantung kita.
  Pahlawan adalah mereka yang telah mewakafkan diri untuk Indonesia merdeka dan yang telah tulus ikhlas berkorban jiwa dan raga demi Indonesia yang berdaulat dan bersatu. Tugas kita adalah menjaga api semangat juang kepahlawanan ini agar terus menyala, tidak boleh redup atau padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam, karena ini kekuatan dan jati diri sejati  kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan dan tantangan. Terlampau banyak agenda seremoni, tapi Insya Alloh agenda ini kita dedikasikan untuk membangun semangat Bangsa Indonesia. Saya ingin momentum hari ini menjadi penumbuh semangat warga , kemudian kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata, sebab yang paling penting adalah bagaimana menjaga kemerdekaan. saat ini NKRI yang kita cintai senantiasa tak pernah lekang oleh ancaman dan tantangan, dalam kemajemukan bangsa kita masih seringkali menjadi pemantik munculnya perpecahan. Dalam kain kebangsaan kita juga kerap kali terkoyak oleh karena ego dan kepentingan sepihak. Pungli, korupsi, gratifikasi masih menjadi praktik yang seringkali terjadi serta masih banyak persoalan lainnya.
  Jangan biarkan persaudaraan bangsa kita terciderai dan tercerai berai karena kepentingan sesaat dan kelompok semata. Jangan biarkan kain kebangsaan kembali terkoyak karena warna kita berbeda, pelangi akan selalu indah karena warna kita berbeda namun dalam warna yang berbeda itu merah putih harus selalu ada dalam hati sanubari kita. Sebagai upaya menjawab tantangan yang ada pemerintah terus mendorong untuk bagaimana berusaha mewujudkan keadilan melalui program -program  yang dapat dirasakan kebermanfaatanya yang semata mata hanya untuk kesejahteraan masyarakat, termasuk didalamnya bagaimana membangun SDM yang unggul sebagaimana Tema Peringatan HUT RI ke-74 kali ini yaitu “ SDM Unggul Indonesia Maju”.
  Pemerintah Kota Banjar melakukan berbagai upaya mewujudkan pembangunan disegala bidang melalui program program pembangunan untuk masyarakat, hal ini juga merupakan upaya untuk mewujudkan Visi  Kota Banjar dalam 5 tahun kedepan yang termuat dalam RPJMD tahun 2018-2023, yaitu “ Dengan iman dan taqwa kita wujudkan Kota Banjar yang bersih Pemerintahannya, sejahtera masyarakatnya,  asri limgkungannya menuju Banjar agropolitan.
 Gambaran beberapa target capaian indikator makro dalam lima tahun kedepan dengan sasaran antara lain indek pembangunan manusia IPM dari 71,25% tahun 2018 ditargetkan menjadi 74,00 % ditahun 2023, IPM ini digunakan sebagai salah satu instrumen untuk mengukur sejauh mana keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat/penduduk.
  Sasaran selanjutnya yaitu dalam membangun perekonomian masyarakat yang maju dan inklusif, untuk mengukur  laju pertumbuhan ekonomi terdapat beberapa instrumen antara lain ditinjau dari PDRB  perkapita  dari 10.140 pada tahun 2018 ditargetkan menjadi 10.940 di tahun 2023, pertumbuhannya sebesar 5,22 persen tahun 2018 ditargetkan menjadi 5,77 persen di tahun 2023. Selain itu perwujudan meningkatnya kinerja pembangunan inklusif dan daya beli masyarakat identik dengan bagaimana pencapaian serta target dalam beberapa indikator antara lain tingkat inflasi daerah tahun 2018 sebesar 3,94 persen ditargetkan menjadi 5 persen ditahun 2023, kemudian persentasi penduduk miskin pada tahun 2018 sebesar 5,70 persen ditargetkan menjadi 5,20 persen tahun 2023.
  Beberapa indikator tadi dijadikan sebagian dari target capaian Pemkot Banjar dalam 5 tahun kedepan, hal ini menunjukan komitmen untuk membangun dan memajukan Kota Banjar menuju kearah yang lebih baik, yang disadari tanpa adanya dukungan serta kerjasama dari semua pihak sulit bagi Pemerintah Kota Banjar untuk mencapai target dan mewujudkan itu semua, sehingga dalam momentum ini juga menjadikan dorongan motivasi untuk diperjuangkan dalam upaya upaya pembangunan di Kota Banjar. Beliau mengajak kita semua untuk saling bekerjasama bahu membahu menyatukan persepsi untuk menuju satu tujuan yang sama untuk mewujudkan pembangunan di Kota Banjar demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.
  Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019, mari kita isi momentum kemerdekaan ini dengan suka cita serta bekerja sama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju untuk kesejahteraan masyarakat. Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 merdeka, merdeka, merdeka. Sebelum upacara berakhir Wali Kota didampingi forum koordinasi pimpinan daerah, menyerahkan piala dan piagam penghargaan hasil kejuaraan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 tingkat Kota Banjar tahun 2019 dan ada pengundian umroh bagi 4 orang yang telah tamat membaca Al-Qur’an pada pengajian bulanan  yang diselenggarakan tiap kecamatan, satu kecamatan satu orang.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …