Home / Berita Banjar / Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah Ke XXIII

Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah Ke XXIII

Upacara Hardiknas sekaligus Hari Otonomi Daerah ke XXIII tingkat Kota Banjar dilaksanakan di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar, Kamis, 02 Mei 2019, dengan tema “ Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif ” .
  Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Banjar, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Jajaran FORKOPIMDA, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjar, para Rektor, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA sederajat, para guru dan peserta upacara terdiri dari para ASN, Mahasiswa/mahasiswi, pelajar SMA/SMP sederajat dan paskibraka.
  Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah menyatakan penghormatan dan penghargaan untuk pendidikan yang memiliki peran penting yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, Hal tersebut bermuara dan memasuki masa depan yang baik, dengan adanya pendidikan kita dapat memajukan bangsa ini,” tuturnya.
  Beliau menegaskan bahwa Otonomi Daerah juga berkaitan dengan dunia pendidikan karena dinamika pembangunan dapat diukur dari sumber daya manusia, oleh karena itu otonomi daerah juga merupakan sebuah kesadaran nasional dimana daerah dipacu sentral distrik sehingga bermuara pada roda pemerintahan, yang seyogyanya, kita mengikuti prinsip arah nasional dimana tiga tahun pemerintah daerah dalam kebijakannya telah menganggarkan 20 persen lebih porsi APBD untuk dunia pendidikan, agar dapat mensukseskan kegiatan dunia pendidikan, penyelenggaraan pendidikan saat ke saat mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Untuk semua jajaran pemerintah dihimbau agar terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan, sebab apa yang kita tanamkan saat ini merupakan gambaran apa yang akan kita lihat di masa depan, ditambahkannya bahwa otonomi daerah harus diisi dan wawasan harus perluas dengan menunjukkan bahwa Kota Banjar harus memiliki cara tersendiri meningkatkan mutu pendidikannya.
  Wakil Wali Kota Banjar menambahkan bahwa Kota Banjar baru-baru ini telah meraih Penghargaan Prestasi Kinerja dengan Status Sangat Tinggi dari Kementerian Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2018 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2017, pada Peringatan Puncak Hari Otonomi Daerah Ke-XXIII di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Kamis, 25 April 2019, dengan diraihnya penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi semua OPD di lingkup Pemerintah Kota Banjar untuk lebih meningkatkan kinerjanya melalui berbagai terobosan inovasi baru sehingga program kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan publik dapat dilaksanakan secara maksimal. Selain itu beliau juga berterimakasih kepada semua OPD dan seluruh elemen masyarakat Kota Banjar yang sudah ikut berpartisipasi aktif dalam setiap program pembangunan di Kota Banjar.
  Pada acara tersebut juga Pemkot Banjar menganugerahkan puluhan penghargaan kepada putra- putri terbaik dan berprestasi di Kota Banjar, Penghargaan itu langsung diserahkan Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana didampingi para Kepala OPD dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopinda) Kota Banjar.
  “Semoga saja penghargaan yang diberikan itu, menjadi motivasi untuk lebih sukses lagi di masa mendatang, membawa nama baik Kota Banjar,” ujar Wakil Wali Kota. Pada kesempatan itu, Beliau mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada putra- putri terbaik di Kota Banjar, termasuk, kepada Dery Hidayat, atlet pencak silat yang meraih juara emas tingkat Asia, “diharapkan banyak lagi yang berprestasi di even Tingkat Asia, selanjutnya dunia dengan membawa nama baik Kota Banjar,” ucapnya.
  Dari puluhan penghargaan yang diserahkan itu, Wakil Wali Kota Banjar, juga menyerahkan penghargaan kepada Alfi Mauludin, Wakil Direktur Netjes College, Juara 2 Lomba Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan Tingkat Provinsi Jabar. Selain itu, penghargaan dianugrahkan kepada SMAN 2 Banjar yang sudah berhasil meluncurkan 29 judul buku dalam kurun waktu beberapa bulan.
  Kepala SMAN 2 Banjar, Barnas mengatakan bahwa ke 29 judul buku yang sudah diluncurkan itu merupakan  karya siswa-siswi SMAN 2 Banjar. “ Diantara buku itu, ada yang berbentuk novel, puisi dan aneka karya lainnya. Ditargetkan tahun mendatang lebih banyak dan bervariasi lagi buku yang berhasil diterbitkan pelajar SMAN 2 Banjar,” tuturnya.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Diklat Teknis Manajemen Kearsipan

  Senin, 15 Juli 2019 bertempat di Aula Dispora Kota Banjar berlangsung acara Diklat Teknis …

Sosialisasi Aplikasi SP2D Online

Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Aplikasi SP2D Online Bagi Para …