Home / Berita Banjar / Hari Krida Pertanian Ke-47 Tingkat Kota Banjar

Hari Krida Pertanian Ke-47 Tingkat Kota Banjar

  Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), menggelar Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tingkat Kota Banjar, di lapangan kompleks Terminal Banjar. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 9-12 Juli dengan menggandeng HKTI dan KTNA Kota Banjar.
   HKP Kota Banjar diikuti oleh 25 desa/ kelurahan se-Kota Banjar dan sejumlah sponsor. Selama 4 hari, setiap desa/ kelurahan memamerkan berbagai kreasi hasil pertanian, olahan makanan, maupun teknologi pertanian.
   Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengatakan bahwa petani merupakan orang-orang yang tangguh dalam hal ketahanan pangan. Tidak hanya berusaha untuk mencapai produksi demi meningkatkan kesejahteraan, tapi mereka juga tangguh dalam melawan hama tanaman yang mengancam pertumbuhan tanaman. “Masyarakat Banjar 67% merupakan petani. Maka dari itu, pemerintah dalam rangka mendongkrak hasil pertanian mengeluarkan berbagai program, seperti program peningkatan ketahanan pangan, kesejahteraan petani ataupun rehabilitasi jaringan irigasi,” jelasnya, saat pembukaan HKP ke-47 di komplek Terminal Banjar, Selasa, 9 Juli 2019.
   Wali Kota menambahkan bahwa untuk tahun ini jaringan irigasi yang kondisinya baik mencapai 50%,  persen. Beliaupun meyakinkan di tahun 2020 mendatang 90% kondisi jaringan irigasi sudah baik dan di tahun berikutnya 100% baik untuk pertanian di Kota Banjar.
   Beliau berharap, HKP Kota Banjar ini menjadi motivasi dan semangat yang nyata bagi masyarakat dan petani di Kota Banjar. Untuk mendorong hasil produksi sektor pertanian, pihaknya akan mengeluarkan kebijakan pelarangan alih fungsi lahan produktif.
  Selain itu, pemerintah juga mendorong adanya petani milenial guna menjawab tantangan zaman, serta akan terus mengembangkan berbagai hasil pertanian. “Sebenarnya apapun di Banjar ini bisa. Seperti halnya bawang merah di Desa Binangun, sedang kita coba, semoga berhasil. Jika sukses, nantinya bakal menjadi pemasok kebutuhan di sini,” tandasnya.
  Sementara itu, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Banjar, H. Herman Sutrisno mengatakan, pihaknya juga mendorong berbagai macam pelaku usaha pertanian, peternakan maupun perikanan, seperti halnya melalui pameran Domba Garut yang diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi warga dan mengembangkannya di Kota Banjar, karena domba garut tidak hanya menjadi media sebagai pilihan mengembangkan di bidang peternakan, tapi juga bisa menjadi daya tarik wisata. “Intinya kami sangat mendukung langkah pemerintah dalam rangka meningkatkan hasil produksi pertanian di Kota Banjar,” katanya.
   Dalam kegiatan itu ditampilkan berbagai jenis hasil pertanian, peternakan dan perikanan serta digelar perlombaan. “Kita ingin menguatkan peran para petani dalam meningkatkan hasil pertanian di Kota Banjar dan berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa saling sharing pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pertanian, apalagi dunia pertanian saat ini sudah berkembang dan maju dengan peran dari teknologi, “ ujarnya.
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Diklat Teknis Manajemen Kearsipan

  Senin, 15 Juli 2019 bertempat di Aula Dispora Kota Banjar berlangsung acara Diklat Teknis …

Sosialisasi Aplikasi SP2D Online

Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Aplikasi SP2D Online Bagi Para …

Tinggalkan Balasan