Home / Berita Banjar / Hari Konsumen Nasional

Hari Konsumen Nasional

  Selasa, 19 Maret 2019 berlangsung acara Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019, bertempat di Jalan Diponegoro, depan Gedung Sate Bandung.
  Hadir dalam acara ini Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Bupati/ Wali Kota se-Jawa Barat termasuk Wali Kota Banjar, Hj.Ade Uu Sukaesih, para Kadis KUKMP se-Jawa Barat, serta para pelaku UKMP se-Jawa Barat.
  Hari Konsumen Nasional yang diselenggarakan dengan kerja sama antara BPKN, Kemendag, dan Pemprov Jawa Barat, mengandung pesan agar penyelesaian masalah konsumen mesti dilakukan secara kolaborasi.  diharapkan kedepan berbagai lembaga lain dapat mengikuti jejak lembaga dan kementerian yang telah bekerja sama untuk menuntaskan berbagai masalah perlindungan konsumen..
  Menteri Perdagangan mengatakan Peringatan Hari Konsumen Nasional  (Harkonas) 2019 menjadi momentum pemberdayaan konsumen. Menurut Menteri saat ini indeks kesadaran konsumen di Indonesia masih kecil dibandingkan dengan negara maju. Karenanya, pemerintah memberi edukasi dan pendampingan agar konsumen lebih sadar akan haknya. “Harkonas kenapa harus ada pemberdayaan konsumen, karena makin lama konsumen itu sudah mengetahui hak-haknya. Cukup banyak konsumen yang masih dalam tanda kutip diperdayai atau apa yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan. Di negara maju itu sudah mencapai 60 persen. Ini dikarenakan konsumen sendiri belum tahu haknya bagaimana dia mengadu,” katanya.
  Selama ini kerap terjadi kasus konsumen mendapat barang dengan rupa yang berbeda dengan apa yang digambarkan penjual dalam perdagangan online. Mendag menilai hal ini diakibat dua hal. “Ini ada dua hal, pertama konsumen itu diedukasi bahwa mempunyai haknya, kedua kita dorong para produsen kita untuk bertanggung jawab karena kalau kita mau berusaha dengan baik penuhi janji dan komitmennya. Kalau tidak maka pada satu titik dia akan ditinggal,” ujarnya.
  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menambahkan Pemprov Jabar memastikan akan memiliki satu visi misi dengan Kementerian Perdagangan dalam melindungi setiap hak konsumen. Menurut Kang Emil, terdapat 17 lembaga yang mengurus pengaduan dan peradilan konsumen seperti Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. “Oleh karena itu, hasil mediasinya jadi keputusan yang final. Mudah-mudahan ekonomi Indonesia akan luar biasa kalau konsumennya berdaya,” ujarnya.
  Peringatan Harkonas sendiri dirangkaikan dengan deklarasi pemakaian produk-produk dalam negeri yang dipimpin Mendag dan Gubernur Jabar serta para Bupati Wali Kota se-Jawa Barat.
 
Sumber        : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Halal Bil Halal Lingkup Pemkot Banjar

  Senin 10 Juni 2019, Pemerintah Kota Banjar menyelenggarakan kegiatan Halal Bil Halal Lingkup Pemerintah …

WALI KOTA PIMPIN UPACARA HARI LAHIR PANCASILA

  Wali kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih memimpin langsung Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat …