Home / Berita Banjar / Hari Agraria Nasional Tingkat Kota Banjar

Hari Agraria Nasional Tingkat Kota Banjar

   Di Halaman Kantor BPN Kota Banjar, Senin, 24 September 2018, berlangsung acara Apel Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tingkat Kota Banjar Tahun 2018 dan yang bertindak selaku Pembina Apel adalah Sekretaris Daerah Kota Banjar, DR. Drs. H. Ade Setiana, M.Pd yang mewakili Wali Kota yang kebetulan sedang ada acara dinas keluar kota.
   Pada kesempatan tersebut hadir Kepala BPN Kota Banjar dan seluruh Keluarga Besar Badan Pertanahan Nasional Kota Banjar,  Sekda Kota Banjar , Ketua DPRD Kota Banjar, Danramil Banjar, Kasi Sumda Polres Banjar, Kasi Datum Kajari, dan para Kepala OPD serta peserta upacara dari Pegawai Dishub, Kominfo, dan BPN.
   Sekretaris Daerah Kota Banjar menyampaikan bahwa Hari Agraria Nasional tahun ini bertemakan “Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran”, ini berarti dalam penyelenggaraan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2018 diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan tanah dan ruang sebagai satu kesatuan utuh yang dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun negara.
   BPN terus berupaya menyelesaikan permasalahan pertanahan,  tapi ketimpangan struktur penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah masih terjadi yang mengakibatkan masih tingginya angka kemiskinan, pengangguran, sengketa dan konflik tanah serta kerusakan lingkungan. Pembangunan ekonomi yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masih terhambat oleh belum maksimalnya pengaturan masalah ketanahan, konflik pertanahan dan partisipasi masyarakat dalam system keuangan modern terkendala terbatasnya jumlah tanah yang sudah terdaftar dan bersertifikat. BPN dibentuk guna menyatukan fungsi tata ruang dan pertanahan sehingga dapat mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, serta spirit pengintegrasian tata ruang dan pertanahan ini perlu dijiwai secara menyeluruh.
   5 (lima) tuntutan yang diharapkan kepada seluruh jajaran BPN  yaitu: 1. Dedikasi, kerja keras dan tanggungjawab, 2. Senantiasa loyal pada cita-cita negara, 3. Jaga kehormatan, 4. Wujudkan program-program strategis BPN RI, 5. Terus berinteraksi dan bekerjasama dengan berbagai pihak.
   Pada acara tersebut juga diserahkan sertifikat tanah hak pakai Aset Pemkot Banjar Komplek Terminal, sertifikat hak pakai Aset Pemerintah Desa Binangun yaitu objek wisata Pejamben, Sertifikat Wakaf Pesantren Faturahman Binangun, Sertifikat Wakaf Mesjid Al-Ilham, Sertifikat Wakaf DTA Al-Insan Tanjung Sukur dan Sertifikat Wakaf Mesjid Al-Insan Tanjung Sukur. Diakhir acara juga dilakukan penanaman pohon disekitar Kantor BPN oleh Sekda Kota Banjar didampingi oleh FKPD dan para Kepala OPD.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

KUNKER WALI KOTA BANJAR KE DESA MULYASARI

   Rabu, 17 Oktober 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …

Wali Kota Banjar Jenguk Korban Gempa Palu

   Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menjenguk korban bencana gempa Palu Sulawesi Tengah …