Home / Berita Banjar / Halal Bil Halal Lingkup Pemkot Banjar

Halal Bil Halal Lingkup Pemkot Banjar

  Senin 10 Juni 2019, Pemerintah Kota Banjar menyelenggarakan kegiatan Halal Bil Halal Lingkup Pemerintah Kota Banjar yang bertempat di Aula Setda Kota Banjar.
  Acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Wakil Wali Kota, Nana Suryana,   Sekda Kota Banjar, H. Ade Setiana, FKPD (Kapolres, Kajari, Danyon 323 BP Reader, Dandim, Pabung, Pengadilan Negeri, Samsat), perwakilan perbankan (BRI, BJB, BNI, MANDIRI, BCA, dll) para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Banjar, serta para pegawai ASN lingkup Pemerintah Kota Banjar.
  Kegiatan tersebut sebagai wahana dan sarana silaturahmi antar para Pegawai lingkup Pemerintah Kota Banjar, serta untuk memelihara dan menjunjung tinggi nilai Ukuwah Islamiyah, persatuan dan kesatuan serta kebersamaan. Halal Bil Halal juga merupakan tradisi bangsa Indonesia, baik muslim maupun non-muslim, tradisi tersebut mampu mempersatukan perbedaan dan keragaman di Indonesia.
  Wali Kota dalam kesempatan itu meminta maaf ke seluruh pegawai Pemkot Banjar bila selama ini ada kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja selama ini dalam memimpin Kota Banjar. Kemudian beliau mengajak semua pegawai lingkup Pemerintah Kota Banjar untuk lebih meningkatkan rasa toleransi yang tinggi tanpa membeda-bedakan antara latar belakang suku agama ras dan golongan.
  “Makna halal bihalal adalah bagaimana kita ini membangun kebersamaan, saling memaafkan apalagi saya ini sebagai kepala daerah selama memimpin tentu sebagai manusia tidak lepas dari khilaf, salah. Terkadang saya sering memberi teguran, instruksi emosional karena ingin mencapai target yang maksimal, ada hal yang tidak nyaman tapi ini adalah momentum terbaik di bulan Syawal,” katanya.
  Tujuan yang tak kalah penting, yaitu membangun sebuah kebersamaan, karena itu, sebagai tameng segala pelaksanaan program kerja yang ada seraya mewujudkan hasil yang terbaik. “Membangun sebuah kebersamaan tentu ini penting dan itu sangat berharga sekali. Karena kunci sehebat apapun program tanpa didukung oleh semua tanpa didukung rasa memiliki rasa kebersamaan tidak akan tercapai secara maksimal”.
  Selanjutnya hari ini merupakan hari pertama kita kembali beraktifitas kerja setelah libur lebaran bersilahturahim kumpul beserta sanak keluarga. Setelah Iedul Fitri ini, para PNS diharapkan menularkan semangat ibadah selama bulan puasa. Teruslah tingkatkan etos kerja, karena bekerja juga sebagai bentuk dari ibadah untuk menjalankan Program Pemkot Banjar, diharapkan para birokrat di lingkup Pemkot Banjar lebih kompak lagi, lebih solid lagi agar apa yang menjadi keinginan masyarakat harapannya kepada pemerintah dapat terwujud.
  Halal Bil Halal diisi dengan tausiah oleh KH.Ustad Asep, yang membahas tentang makna bulan Syawal sebagai bulan peningkatan keimanan, sembari mengajak seluruh undangan untuk menjadikan kegiatan ini sebagai wahana dan sarana untuk memperkuat komitmen dan tekad guna meningkatan kualitas ta’aruf atau saling  mengenal dan saling memahami antar sesama.
 Halal Bil Halal merupakan suatu tradisi positif yang dilakukan umat Islam setelah perayaan Idul Fitri guna menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang diraih setelah melaksanakan puasa dan ibadah lain selama bulan suci Ramadhan dalam kaitannya dengan sesama manusia  dengan tulus ikhlas
   Acara dilanjutkan dengan musyafahah dan bersalaman untuk saling memaafkan.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Apel Konsolidasi

  Selama bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Polres Banjar bersama jajaran …

Serah Terima Jabatan Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar

  Rabu, 12 Juni 2019 berlangsung Acara Serah Terima Jabatan Direktur PDAM Tirta Anom Kota …

Tinggalkan Balasan