GEBYAR GERMAS & KEMITRAAN GERMAS

  Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
   Kamis, 11 Oktober 2018 di Taman Lansia Kota Banjar berlangsung acara Gebyar Germas dan Kemitraan Germas yang merupakan kepanjangan dari Gerakan Masyarakat menuju keluarga sehat.
   Meski tujuannya mengajak masyarakat untuk membiasakan budaya sehat, namun sosialisasi disampaikan dengan cara yang menyenangkan, tak heran saat acara berlangsung, juga dimeriahkan  dengan tarian, penampilan Musik Marawis dan Senam Lansia, juga ada doorprize menarik  bagi peserta yang beruntung.
   Acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat ( Gemas ) Tingkat Kota Banjar ini diselenggarakan oleh Dinkes Kota Banjar, yang dihadiri oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Sesepuh Banjar, H. Herman Sutrisno, perwakilan dari Kajari, perwakilan dari Kapolres, Danramil Banjar, perwakilan dari Dinkes Provinsi Jawa Barat, dari BPJS Kota Banjar, Camat Banjar, Perwakilan Kader RW Sehat Se-Kecamatan Banjar , para Lansia dan tamu undangan lainnya.
   Plt. Kadinkes, Edi Rustandi mengatakan bahwa tema yang diambil dalam kegiatan ini merupakan turunan dari program Nawacita yang digulirkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Oleh sebab itu, dalam kegiatan ini juga turut dimeriahkan dengan simulasi cuci tangan yang baik dan benar yang dipraktikkan lewat tarian. Selain itu juga, tiap peserta diberikan buah-buahan agar mereka mengonsumsi buah yang baik bagi kesehatan tubuh.
   Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengatakan bahwa Gerakan Masyarakat Sehat harus bisa dimulai dari keluarga, karena keluarga merupakan lingkup kecil dari masyarakat. Paling tidak, dalam sebuah keluarga harus paham bagaimana pola hidup sehat, bagaimana penanganan jika ada kejadian kecelakaan medis di rumah. Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa sosialisasi Germas ini akan terus digencarkan oleh Pemerintah Kota Banjar tentunya dilaksanakan tidak hanya di OPD lingkup kesehatan saja. Tapi, juga harus dilakukan di OPD lain seperti Dinas Pendidikan agar bisa menjadi contoh bagi siswa di sekolah. “Jangan berhenti di lingkup kesehatan saja, semua dinas juga harus terlibat dalam Germas ini.
   Beliau berikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan yang telah berupaya melibatkan dunia usaha dan organisasi masyarakat untuk berpartisifasi melalui CSR( coporate social responsibility) bermitra dalam mendukung program Pemerintah, semoga kemitraan ini dapat berjalan secara kesinambungan dan masyarakat memiliki kemampuan dan kemauan untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Literasi Keuangan Tentang Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) Kota Banjar Tahun 2022

Usaha di sektor pertanian khususnya usaha tani padi, dihadapkan pada resiko ketidakpastian yang cukup tinggi, …

Kontingen Pencak Silat Kota Banjar Mendulang Prestasi Dalam Kegiatan Festival Olah Raga Rekreasi Tingkat Provinsi Jabar

Kontingen Pencak Silat Kota Banjar mampu mendulang prestasi dalam kegiatan Festival Olah Raga Rekreasi Tingkat …