Buka Peluang Investor RPH, Pemkot Banjar Studi Banding Ke Perusahaan RPHU Modern

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar melakukan kunjungan dan studi banding ke RPH-U (Rumah Potong Hewan Unggas) PT QL Trimitra yang beralamat di JI. Taman Bunga Nusantra Kampung Tarikkolot, Desa Cinangsi, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Selasa 9 November 2021. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Banjar dengan didampingi oleh, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Kominfo, Kepala DPMPTSP serta Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar.
PT. QL Trimitra (QLT) adalah perusahaan joint-venture antara QL Resources Bhd Malaysia (QLR) dan Trimitra Group Indonesia (Trimitra) menjadi salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang peternakan ayam terintegrasi. Dalam proses produksinya, PT. QL Trimitra melakukan pemotongan ayam yang terjamin kualitas daging serta kehalalanya. Setiap juru potong hewan mempunyai sertifikat pemotong ayam dari MUI dengan mengembangkan Program Juleha (Juru Sembelih Halal).
Rombongan melihat secara langsung, mulai dari proses penurunan ayam dari truk, penyembelihan, pembersihan, pemilihan ukuran ayam, pemotongan daging, pengepakan hingga pengolahan limbah produksi. Wali Kota Banjar terlihat antusias melihat semua proses tersebut. Beliau mengatakan, jika nanti ada investor yang akan menanamkan investasi RPHU di Kota Banjar menjadi keuntungan besar dalam penguatan ekonomi di Kota Banjar. Selain itu, RPH diharapkan akan membuka peluang kerja bagi warga Banjar sehingga mampu mengurangi pengangguran di Kota Banjar. “Kita mengundang investor ke Kota Banjar untuk menginvestasikan modalnya di Kota Banjar, khususnya untuk RPHU ini. Jika melihat proses produksinya, daging ayam ini terjamin higienis serta kehalalanya untuk mengisi kebutuhan hewani di Kota Banjar khususnya pasar modern dan tidak menutup kemungkinan untuk membuka peluang ekspor dari Kota Banjar,” jelasnya.

Sumber      : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …