Home / Berita Banjar / Boleh Cuti Melahirkan, PNS Pria Sumringah

Boleh Cuti Melahirkan, PNS Pria Sumringah

   Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan aturan Nomor 24 Tahun 2017 tentang Cuti PNS. Dalam aturan ini, pegawai negeri sipil (PNS) laki-laki yang sudah menikah dapat mengajukan cuti melahirkan paling lama satu bulan untuk mendampingi istri yang tengah menjalani proses melahirkan dan operasi caesar di rumah sakit.
  “Kalau di Kota Banjar selama aturan itu dikeluarkan hingga sekarang belum ada PNS pria yang mengajukan cuti melahirkan,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar Supratman Minggu, 18 Maret 2018.
Menurutnya, Kota Banjar akan mengikuti aturan itu untuk memberikan cuti kepada PNS pria saat istrinya melahirkan. “Dalam penerapannya kita ikuti aturan, yang perlu dicatat cuti bisa diajukan ketika istrinya melahirkan di rumah sakit dan waktunya selama istrinya dirawat,” ujar Supratman.
   Sementara data BKPPD Kota Banjar mencatat PNS di Kota Banjar yang aktif hingga 31 Desember 2017 sebanyak 2.649 PNS. “PNS pria ada 43 persen, di antaranya 90 persen lebih sudah menikah,” kata Kasi Data Informasi dan Pensiun Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar Rony Septiadi.
   Arif , salah satu PNS di Kota Banjar bersyukur adanya aturan baru tersebut. Aturan itu memberikan ruang bagi suami untuk hadir di samping anak dan istrinya saat proses persalinan. “Secara pribadi ya aturan ini yang ditunggu-tunggu sejak lama. Karena saya merasakan sendiri betapa pentingnya kehadiran kita saat istri melahirkan,” katanya.
   Rani, PNS perempuan di salah satu OPD di Kota Banjar juga menyambut baik adanya aturan ini. Ia yang sudah belasan tahun jadi PNS mengaku aturan ini tepat untuk diterapkan. “Saya setuju, aturan ini sangat positif dan memberikan kesempatan untuk suami yang berprofesi sebagai PNS dalam kebaikan rumah tangganya. Karena wanita melahirkan itu sangat butuh perhatian,” ungkapnya.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

Syukuran Hari Bhayangkara Ke – 72

   Polres Banjar menggelar acara syukuran Hari Bhayangkara Ke-72, Rabu, 11 Juli 2018, mengusung tema …

Wali Kota Banjar raih Satya Lencana Pembangunan

   Melalui berbagai inovasi dan pengembangan Program KB di Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. …