Home / Berita Banjar / BI Adakan Rakor TPID

BI Adakan Rakor TPID

Bank Indonesia Tasikmalaya menggelar Rapat Koordinasi dan Capacity Building bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Priangan Timur, Selasa 10 November 2020 di Horison Palma Hotel Pangandaran. Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Darjana, mengatakan, kegiatan Rapat Koordinasi dan Capacity Building TPID ini merupakan laporan pencapaian triwulan I sampai dengan triwulan III Tahun 2020 se-Priangan Timur. “Pertumbuhan inflasi di Priangan Timur; Kabupaten Tasik, Ciamis, Banjar dan Pangandaran termasuk Kota Tasikmalaya ditopang oleh berbagai komoditas mulai daging ayam ras, telur ayam, beras dan lain sebagainya. Yang jelas, pertumbuhan inflasi di wilayah Priangan Timur terbilang masih stabil,” jelasnya.
Wali Kota Banjar turut menghadiri acara tersebut dan mengatakan bahwa untuk mengurangi tekanan inflasi, perlunya pengembangan infrastruktur pertanian, pembukaan lahan pertanian baru, dan pengembangan konektivitas antar daerah. “Dukungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur perlu terus ditingkatkan. Hal ini terutama dilakukan untuk menopang pencapaian kedaulatan pangan daerah,” jelasnya.
Rakor TPID juga menegaskan tiga hal penting, yaitu: mempertegas komitmen daerah dalam menjaga stabilitas harga dengan mewujudkan strategi 4K (Ketersediaan pasokan, Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusi, Komunikasi yang efektif). Melakukan percepatan pembangunan infrastruktur dan mewujudkan kedaulatan pangan di daerah. Upaya ini dilakukan melalui kemudahan perizinan, optimalisasi alokasi APBD, dan melakukan pengawasan intensif pada distribusi sarana produksi pertanian, dan merealisasikan pembenahan rantai distribusi. Melakukan penajaman langkah pemerintah pusat & pemerintah daerah dalam pengelolaan anggaran.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Wali Kota Resmikan Ruang Pelayanan Jantung Koroner di RSUD Kota Banjar

Senin, 23 November 2020, Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih meresmikan pelayanan terbaru jantung …