Home / Berita Banjar / Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa

Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa

Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tingkat Kota Banjar Tahun 2020 merupakan bagian dari program kemanunggalan TNI dengan masyarakat,  berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Banjar Kota Banjar,  secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, Kamis 15 Oktober 2020.
Wakil Wali Kota mengatakan bahwa “BSMSS adalah program pembangunan berbasis gotong-royong. Karena kegiatan ini dilakukan oleh prajurit TNI dan pemerintahan daerah beserta masyarakat setempat”, ujarnya.
BSMSS adalah bentuk variabel pola pendekatan pembangunan dan terminologis kebijakan pembangunan yang berkaitan erat dengan pelaksanaan peningkatan pembangunan masyarakat yang pada umumnya bermukim dipedesaan dan dilaksanakan dalam upaya akselerasi pembangunan di desa dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Wakil Wali Kota menambahkan bahwa BSMSS kali ini tidak semeriah tahun lalu karena dampak pandemi. “Pembangunan pada dasarnya mutlak tanggung jawab pemerintah dengan seluruh elemen TNI Polri serta sinergitas dengan masyarakat. Saat ini, tradisi gotong royong sudah menipis, kecuali di beberapa daerah termasuk Cibeureum yang masih kompak masyarakatnya bahkan mereka menghibahkan beberapa tanahnya untuk mendukung program pemerintah”.
Program BSMSS ini meliputi pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik di Dusun Cipantaran nantinya akan menyambungkan 3 titik sentral antara Desa Cibeureum ke Desa Jajawar dan Balokang. “Pembangunan non fisik juga dilakukan dengan adanya pembinaan tentang wawasan kebangsaan utk membangun ketahanan wilayah dan membangun mental masyarakat”, pungkasnya.
Dandim 0613 Letkol Czi. Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P mengatakan bahwa “pihaknya menerjunkan personilnya untuk turut membantu dalam proses pengerasan dan pengaspalan jalan sepanjang 188 meter dengan lebar 2,5 meter yang berlokasi di Dusun Cipantaran RT 17 RW 04 Desa Cibeureum Kecamatan Banjar. Kegiatan BSMSS ini mengemban misi sosial dalam konteks pembangunan nasional yang senantiasa berorientasi pada upaya mengatasi kesulitan yang dihadapi serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara mengoptimalkan pemberdayaan potensi sumber daya manusia, khususnya dalam menumbuhkan sikap kemandirian, rasa peduli dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga dan masyarakat, dan dilaksanakan oleh prajurit TNI dari Kodim 0613, Dinas instansi terkait dan masyarakat”, jelasnya.
Dia juga menambahkan, untuk kegiatan non fisiknya meliputi penyuluhan tentang Keluarga Berencana (KB) dari Dinas KB Kota Banjar, penyuluhan wasbang dari Kesbangpol Kota Banjar, penyuluhan tentang Kamtibmas dari Polresta Banjar, penyuluhan tentang Bela Negara dari Kodim 0613 Ciamis.
Hadir pada pembukaan pelaksanaan program BSMSS tersebut, Wakil Wali Kota, Nana Suryana, Dandim, Letkol. Czi. Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P Danramil Cimaragas, Wakapolres Banjar, Ade Najmuloh, Kapolsek Banjar, para Kepala OPD, para pejabat serta jajaran dari Kodim 0613 Ciamis, Yonif 323 Raider, Camat Banjar, Kepala Desa Cibeureum, serta seluruh lapisan warga masyarakat Desa Cibeureum Kecamatan Banjar Kota Banjar. Acara pun dilanjut dengan peninjauan ke lokasi sasaran program fisik.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …