Home / Berita Banjar / Baznas Salurkan Bantuan

Baznas Salurkan Bantuan

Baznas dan Pemkot Banjar serta BPJS Ketenagakerjaan salurkan zakat untuk usaha Mikro/Kecil di Pusdai Kota Banjar, Kamis 10 September 2020.
Berbarengan dengan itu juga diserahkan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SD/SMP yang terancam DO melalui progran Abatasa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kepada 300 siswa masing-masing Rp. 500.000 berbentuk alat kebutuhan sekolah dan uang tunai.
Kemudian Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjar, Maulana Ridwan, menyerahkan bantuan APD Covid-19 kepada Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih.
Ada juga penyerahan bantuan Jaminan Kematian secara simbolik kepada tiga keluarga almarhum peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Banjar oleh Wali Kota.
Ketua Baznas, H. Abdul Kohar didampingi Wakil Ketua II, Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, H. Ruswa Sumarna, sebagai Panpel menyatakan bahwa Baznas Kota Banjar sudah mendaftarkan 391 Dai/Ulama dan pedagang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Banjar. Rincianya, 200 orang dai/ulama dan 191 pedagang terdampak Covid-19.
“Waktu dekat ini akan ditambah sebanyak 200 dai/ulama lagi untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan paling lambat akhir tahun 2020. Mulai pendaftaran sampai iuran bulanannya itu ditanggung Baznas Kota Banjar,” katanya.
Baznas Kota Banjar menyalurkan bantuan kepada 125 mustahik usaha kecil masing-masing mendapatkan Rp. 1.100.000. Bantuan yang diserahkan kepada pedagang itu sebesar Rp. 1 juta. Karena uang Rp. 100.000 dibayarkan untuk iuran BPJS Ketenagakerjaan selama 6 bulan kedepan. Mudah-mudahan dengan diberi bantuan Rp. 1 juta itu, semua pedagang sukses. Selanjutnya mampu membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan supaya memperoleh jaminan kematian nantinya, karena jaminan kematian sangat membantu keluarga almarhum. Misal, saat membutuhkan biaya pemulasaraan atau kebutuhan lainnya, ujarnya.
Wali Kota Banjar sangat mengapresiasi dan mendukung program Baznas Kota Banjar yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kota Banjar. Selain ulama dan pedagang terdampak Covid-19, saat ini Pemkot Banjar membiayai iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terhadap Linmas Kota Banjar. “Kita doakan agnia dan ASN di Kota Banjar agar mampu menunaikan zakat melalui satu pintu, hanya di Baznas Kota Banjar saja,” ujarnya.
Diharapkan target perolehan zakat Rp. 20 miliar berhasil direalisasikan dimasa mendatang. Untuk saat ini yang rutin bayar zakat baru berkisar 4.000 orang. Sebanyak 2.000 orang diantaranya ASN Kota Banjar. Kalau  bersatu bayar zakat di satu pintu Baznas Kota Banjar, diyakini akan mampu meminimalisir angka kemiskinan di Banjar. “Saya dukung ulama dan pedagang ditambah lagi untuk didaftarkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar beliau.
Kepala BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan ada tiga jaminan kematian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan diserahkan tadi. Meliputi, penyerahan santunan kepada keluarga Almarhum Eman Sulaeman dan keluarga Almarhum Hapsoh masing-masing sebesar Rp. 42 juta. “Penyerahan santunan kepada keluarga almarhum Achi sebesar Rp. 43.763.210. JPN setiap bulannya Rp 350.700,” ujarnya.
Ditambahkannya bahwa sejak Februari 2020 sampai sekarang ini selama masa pandemi Covid-19 berhasil menyerahkan jaminan hari tua sebesar Rp. 24,7 miliar kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Banjar, Kab. Ciamis dan Kab. Pangandaran.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Wali Kota Hadiri World Contraception Day

Kamis, 17 September 2020, bertempat di Klinik PKU Muhammadiyah, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Tinggalkan Balasan