Home / Berita Banjar / Bank Indonesia Gelar Pagelaran Kreasi Priangan Timur

Bank Indonesia Gelar Pagelaran Kreasi Priangan Timur

Dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi melalui pengembangan UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya bekerjasama dengan pemerintah daerah se-Priangan Timur  menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Kreasi Priangan Timur pada 19-24 Oktober 2020.
Mengangkat tema ”Pesona Bordir Priangan” kegiatan dilaksanakan secara virtual dengan menghadirkan berbagai kreasi bordir, batik, tenun, kerajinan juga produk makanan dan minuman khas Priangan Timur. Rangkaian kegiatan meliputi webinar, business matching, fashion show, lomba karya desain bordir, lomba artikel, fotografi dan vlog.
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya, Darjana mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 berdampak cukup besar terhadap perekonomian. Permasalahan kesehatan mulai merambah ke masalah ekonomi. Hal ini terindikasi dari pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2020 yang tercatat mengalami kontraksi sebesar 5,32%. Hal serupa juga terjadi di Jawa Barat yang pada triwulan II-2020 terkontraksi sebesar 5,98%. “Sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi akan diselenggarakan kegiatan Pagelaran Kreasi Priangan Timur”, ujarnya.
Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi showcase produk UMKM melalui website www.pagelarankreasipriangantimur.com. Pada website tersebut masyarakat dapat melihat produk-produk UMKM binaan Bank Indonesia Tasikmalaya dan binaan Dekranasda se-Priangan Timur. “UMKM yang ikut terlibat dalam kegiatan ini lebih dari 80 UMKM”, katanya.
Website tersebut juga telah terhubung dengan marketplace Tokopedia, Shopee, Blibli maupun social media masing-masing UMKM. Sehingga pembelian dapat dilakukan langsung di kanal-kanal tersebut. Selain pameran virtual, juga terdapat kegiatan webinar dengan berbagai topik menarik dengan narasumber ternama. Beberapa tema yang dibahas antara lain peluang bisnis fashion bordir, berjualan online di masa pandemi, pengelolaan keuangan, akses keuangan UMKM dan industri halal. Selain itu terdapat kegiatan business matching baik dari sisi penjualan maupun pembiayaannya.
Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Tasikmalaya, Pimpinan Bank Indonesia cabang Tasikmalaya, Wali Kota Banjar, perwakilan Bupati Ciamis, Pjs. Bupati Pangandaran, Kapolres Banjar, dan Kadis KUKMP Banjar, serta para pelaku UKM se-Priangan.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …