Home / Berita Banjar / Banjar Raih Swasti Saba Wistara

Banjar Raih Swasti Saba Wistara

Pemerintah Kota Banjar kembali meraih penghargaan di Bidang Kesehatan sebagai Kota Sehat (Swasti Saba) Wistara Tahun 2019.
Predikat Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat dari Kementerian Kesehatan.
Penghargaan ini diberikan kepada 17 Kabupaten/Kota di Jawa Barat atas kepedulian, dukungan, keberpihakan pemerintah daerah serta terjalinnya sinergitas diantara seluruh warga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.
Sebagai wujud apresiasi atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Biro Pelayanan Sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, menyerahkan penghargaan kepada 17 Kabupaten/Kota penerima predikat Swasti Saba, yang diserahkan secara simbolik oleh Wakil Gubernur Jawa Barat.
Wakil Gubernur jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut kepada Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., yang bertempat di Pusat Dakwah Islam (PUSDAI), Bandung, Selasa, 29 September 2020.
Ke-17 penerima penghargaan tersebut antara lain Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran sebagai penerima Swasti Saba Padapa, Kabupaten Cianjur dan Ciamis sebagai penerima Swasti Saba Wiwerda.
Kemudian untuk Kota Banjar, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kota Depok, Kota Bogor, dan Kota Cirebon, sebagai penerima Swasti Saba Wistara.
Wali Kota Banjar mengatakan bahwa Penghargaan ini bukan tujuan utama kita, namun ini merupakan sebuah tolak ukur kita dalam membangun sektor kesehatan di Kota Banjar. Penghargaan yang diterima berupa piagam penghargaan, serta dana pembinaan sebesar Rp. 25 juta.
Upaya seluruh elemen masyarakat untuk membangun Banjar sebagai Kota Sehat menghasilkan Predikat Swasti Saba Wistara, ini merupakan predikat tertinggi untuk sebuah Kota Sehat menurut Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. Wali Kota  menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Alhamdulillah hari ini diterima penghargaan Swasti Saba Wistara dimana Kota Banjar mendapat predikat sebagai Kota Sehat. Ini mengartikan bahwa Kota Banjar sudah memberikan yang terbaik”.
Beliau  mengajak semua agar tetap bisa mempertahankan capaian-capaian yang sudah tercapai selama ini, “bahkan bila dimungkinkan mari kita tingkatkan lagi”, jelasnya.
Beliau juga berterima kasih kepada semua element masyarakat, semua pemangku kebijakan, sekolah, pendidikan, kesehatan, lingkungan, industri, dan semuanya yang telah membantu untuk menciptakan kota banjar sebagai kota sehat. “Mari kita tetap istiqomah dalam mempertahkan Banjar sebagai kota yang sehat”, tutur Wali Kota.
Penghargaan Kabupaten Kota Sehat/Swasti Saba diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.
Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat. Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan dari yang terendah, sedang, hingga tertinggi.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Gugus Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020 …

Kunjungan Kerja Wali Kota Banjar ke Desa Kujangsari

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si didampingi Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, …