Home / Berita Banjar / APEL GABUNGAN & HARI PEMADAM KEBAKARAN KE-100 TINGKAT KOTA BANJAR TAHUN 2019

APEL GABUNGAN & HARI PEMADAM KEBAKARAN KE-100 TINGKAT KOTA BANJAR TAHUN 2019

  Senin, 18 Maret 2019 di halaman Setda Kota Banjar berlangsung acara Apel Gabungan lingkup Pemerintah Kota Banjar & Hari Pemadam Kebakaran Ke-100 Tingkat Kota Banjar Tahun 2019. Apel  dipimpin oleh Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, hadir juga dalam kesempatan tersebut Wali Kota Banjar, Sekretaris Daerah, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD serta peserta apel dari semua OPD lingkup Pemerintah Kota Banjar.
  Wakil Wali Kota Banjar mengatakan bahwa apel yang kita selenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka, seyogyanya harus memiliki nilai yang luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.
  Untuk mewujudkan fungsi pelayanan tersebut setiap aparatur pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kota Banjar harus meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan. Adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat tidak hanya disebabkan oleh kesengajaan namun sering terjadi karena adanya salah prosedur administrasi dan beda pemahaman terhadap peraturan, karena itu saya himbau kepada setiap aparatur pemerintah agar dapat memahami peraturan dengan baik. melalui berbagai sosialisasi, bimtek, dan penandatangan fakta integritas yang telah dan akan kita lakukan. agar kesalahan–kesalahan pemahaman tersebut bisa hilang sehingga pelayanan kepada masyarakat pun bisa diberikan secara maksimal.
  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan reformasi birokrasi pada Pemerintah Kota Banjar, tujuannya untuk menilai kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi dalam rangka mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif,  efesien, serta mampu memberikan pelayanan publik yang semakin baik. hasil evaluasi indeks reformasi birokrasi Pemerintah Kota Banjar  yaitu 50,06 dengan kategori  “cc”. Wakil Wali Kota mengharapkan semua OPD agar dapat bekerja lebih keras lagi supaya indeks reformasi birokrasi ditahun yang akan datang bisa meningkat.
  Beliau menambahkan bahwa hari ini juga diperingati Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran Yang Ke-100 Tingkat Kota Banjar Tahun 2019 dengan tema “Optimalisasi Peran Pemadam Kebakaran Dalam Menghadirkan Perlindungan Masyarakat Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2019”. petugas pemadam kebakaran hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat dan merealisasikan tugas fungsi pemadam kebakaran yang dikenal dengan Panca Dharma yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran; pemadaman kebakaran; penyelamatan; pemberdayaan masyarakat; dan penanganan  kebakaran  bahan  berbahaya  dan beracun. disamping tugas pokok tersebut petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam tidak mengenal hari libur dan siap memadamkan kebakaran dengan motto  “ pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya ” . Selain itu, pemadam kebakaran harus  memiliki kesigapan kemampuan untuk memastikan pilkada serentak 2019 berjalan dengan lancar, mewujudkan suasana teduh dalam masyarakat serta tetap siaga melindungi dan mengamankan obyek vital pemerintah dan masyarakat.
  Wakil Wali kota menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Damkar Kota Banjar yang telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, jiwa dan raga demi menjaga masyarakat dan kota banjar dari ancaman bencana, semoga kerja keras saudara dapat menjadi ladang amal kebaikan dan semoga mendapat balasan pahala dari Allah Subhanahu Wata’ala.  Terakhir beliau ucapkan “ Selamat Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran Yang Ke-100”, semoga petugas pemadam kebakaran bisa meningkatkan kapasitas, kapabilitas personil dan kelembagaannya  untuk menyongsong tugas yang semakin komplek dimasa yang akan datang, kita harus selalu ingat bahwa lebih baik mencegah jangan sampai terjadi kebakaran dari pada harus memadamkan kebakaran, “ stop kebakaran dan stop pencemaran asap ”.
Sumber        : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

DAFTAR PERKEMBANGAN HARGA BARANG KEBUTUHAN POKOK PER HARI SENIN TANGGAL 15 APRIL 2019

DAFTAR PERKEMBANGAN HARGA BARANG KEBUTUHAN POKOK PER SENIN TANGGAL 15 APRIL 2019 (PDF) Sumber     : …

Penilaian Pelaksana terbaik gotong royong masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Barat

Senin, 15 April 2019 dilaksanakan Acara Penilaian Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat kategori Kelurahan Tingkat …