Home / Berita Banjar / 142 WARGA BINAAN LAPAS KELAS III BANJAR MENDAPAT REMISI

142 WARGA BINAAN LAPAS KELAS III BANJAR MENDAPAT REMISI

  Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Banjar, Sabtu, 17 Agustus 2019, Wali Kota Banjar DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, serahkan langsung pemberian remisi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) Banjar, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019, dimana sebanyak 142 warga binaan Lapas Kelas III Banjar mendapat remisi dan beberapa orang diantaranya langsung dinyatakan bebas.
  Remisi merupakan bentuk apresiasi dari negara kepada warga binaan yang selama didalam LP berkelakuan baik untuk itu mereka diberikan pemotongan masa tahanan.
  Selain Wali Kota Banjar hadir pula dalam acara tersebut Forkopimda Kota Banjar yang terdiri dari Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, Ketua PN dan PA, Pabung Kodim 0613 Ciamis, Danramil Banjar dan tamu undangan lainya.
  Kalapas Kelas III Banjar, Agus Wahono, A.Md, IP.SH, MH mengatakan bahwa pemberian remisi tersebut sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku, selain remisi umum ada juga remisi khusus bagi mereka yang berperilaku baik selama di lapas, kebanyakan warga binaan dan tahanan dilapas berasal dari luar Banjar dan kebanyakan tahanan kasus narkoba, “Sangat miris sekali peredaran narkoba masih terus ada dan perlu penanganan khusus untuk memberantasnya, “ katanya.
  Dia menambahkan bahwa Program Reformasi Hukum adalah untuk memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan kepada rakyat, dan menjamin kepastian hukum yang dibangun dengan melakukan penataan regulasi, pemberian remisi mempunyai pengaruh dalam menekan tingkat frustasi sehingga dapat mereduksi atau meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas.
 Sementara itu Wali Kota Banjar menghimbau kepada seluruh jajaran pemasyarakatan untuk segera berbenah diri meningkatakan integritas serta menyatukan tekad yang bulat dalam mewujudkan pemasyarakatan yang lebih baik.  Untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan, semua lapisan elemen masyarakat maupun WBP harus bekerjasama dan sama-sama bekerja. Pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) kepada narapidana yang telah menunjukan prestasi, dedikasi dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan dengan baik serta telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  Beliau menyampaikan terimakasih  dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran pemerintah daerah dan seluruh instansi serta lembaga sosial yang terkait yang telah turut serta berpartisipasi dan memberi dukungan dalam melaksanakan tugas-tugas permasyarakatan, mereka dengan tulus ikhlas mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa dan terus meningkatkan semangat dan dedikasi terhadap tugas yang sangat mulia ini.
  “Bagi narapidana yang mendapatkan remisi, saya ucapkan selamat. Semoga dengan pemberian remisi ini akan memberikan kesadaran untuk selalu berbuat baik dan berperan aktif dalam pembangunan di masyarakat, bisa kembali ke lingkungan masyarakat dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sedangkan  bagi yang belum memperoleh remisi karena belum memenuhi persyaratan hendaknya bersabar dan terus memperbaiki diri agar pada kesempatan berikutnya  juga dapat menikmati hal yang sama” ujarnya.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …