Home / Berita Banjar / Wali Kota Banjar Buka Bimbingan Teknis Kearsipan

Wali Kota Banjar Buka Bimbingan Teknis Kearsipan

Pembangunan di Kota Banjar yang dilaksanakan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat sangat membutuhkan data yang akurat. Tahapan Pembangunan yang dilaksanakan sangat membutuhkan layanan kearsipan. Tahap awal proses pembangunan data yang tersimpan di arsip sangat diperlukan untuk membuat perencanaan yang baik, untuk itu diperlukan sumber daya manusia pengelolaan arsip di setiap OPD. Dalam upaya tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Banjar menggelar acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Sistem Jaringan Informasi Kearsipan Nasional bagi pengelolaan kearsipan Organisasi Perangkat Daerah se-Kota Banjar Tahun Anggaran 2021, yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Purwaharja pada Kamis 3 Juni 2021. Secara kelembagaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan harus menjadi pembina dan pelopor implementasi Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Kearsipan.
Sementara itu, Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menuturkan bahwa Sistem Jaringan Informasi Kearsipan Nasional merupakan media yang berisi informasi arsip secara nasional yang dikelola oleh Arsip Nasional Republik Indonesia yang menggunakan Sarana Jaringan Informasi Kearsipan Nasional, bertujuan untuk menghimpun dan mengolah data secara informasi serta informasi kearsipan dari berbagai simpul jaringan untuk dapat diakses oleh publik.
Terkait dengan hal tersebut, Wali Kota Banjar menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap sistem ini dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh arsiparis di seluruh OPD yang ada di Kota Banjar, sehingga arsip dapat disusun dengan seksama sebagai dasar arah pengembangan pembangunan di Kota Banjar. Beliau berharap kedepan arsiparis harus ada disetiap OPD. “Agar pengelolaan arsip di Kota Banjar tersusun secara baik dan tidak ada arsip yang tercecer,” tegasnya.
Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh perwakilan seluruh OPD Kota Banjar dengan menghadirkan narasumber Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Dinamis Provinsi Jawa Barat dan Koordinator Pengembangan Simpul Jaringan ANRI.

Sumber     : Dokumentasi Pimpinan Daerah Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi

Guna menyukseskan vaksinasi, Wali Kota rutin melakukan monitoring pelaksanaannya. Wali Kota Banjar kembali melakukan monitoring …

Puluhan Generasi Muda Pataruman Ikuti Pelatihan Bela Negara

Berlangsung di Aula Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Wali Kota …