Home / Banjar Hari Ini / Ribuan Orang Berjejer Menjahit Bendera Merah Putih hingga Perbatasan Jawa Tengah

Ribuan Orang Berjejer Menjahit Bendera Merah Putih hingga Perbatasan Jawa Tengah

   Ribuan warga Kota Banjar antusias mengikuti pelaksanaan menjahit Bendera Merah Putih sepanjang 3300 meter dan untuk menjahit melibatkan 6600 orang, pembentangan Bendera Merah Putih terpanjang di Indonesia tersebut dimulai dari Tugu Kujang di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat dimulai dari jam 7.00 pagi, Kamis, 16 Agustus 2018 di Cijolang Purwaharja Kota Banjar.
   Penjahitan Bendera Merah Putih ini dipimpin oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R. Kalyubi, Sekda Kota Banjar, Ade Setiana, Kapolres Banjar, AKBP Matrius, Dandim 0613 Ciamis, Letkol.Arm Reza Nur Patria, Danlanud Wiriadinata Tasikmalaya, Lerkol PNB M.Pandu Adi Subrata, DanSubDenpom, Hidayat Mulyana, Batalyon Infantri 323 Raider/BP, unsur Forkopimda Kota Banjar, Pelajar SD, SMP, SMA/SMK serta warga masyarakat Kota Banjar.
   Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih menjelaskan penjahitan kain merah putih tersebut bukan semata ingin meraih rekor sebagai bendera terpanjang di Indonesia melainkan terdorong oleh semangat kebangsaan. Yakni bangsa Indonesia yang harus tetap bisa mempertahankan keutuhan persatuan dan kemerdekaan. “Dahulu ibu Fatmawati istri Bung Karno menjahit bendera hanya sendirian. Kebayang perjuangan pahlawan kala itu,” ucapnya, Kamis, 16 Agustus 2018.
   Menurut beliau diera milenial ini spirit perjuangan diaktualisasikan pada gotong royong untuk menjaga keutuhan NKRI. “Kebersamaan kita menjaga keutuhan bangsa harus tetap dijaga serta semangatnya semakin ditingkatkan. Dengan spirit kerja nyata prestasi bangsa,” katanya.
   Kapolres Banjar AKBP Matrius mengatakan, kain merah putih yang dijahit jadi bendera ini merupakan yang terpanjang se Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Setelah dijahit nantinya bendera akan dibentangkan. Yang menjahit kain merah putih ini melibatkan siswa sekolah, masyarakat, ASN, TNI dan Polri.  “Ini terpanjang se Indonesia,” katanya.  Dia menambahkan ini mengandung arti menumbuhkan kembali rasa nasionalisme bahwa bendera ini diperjuangkan dengan tidak mudah, menumbunkan rasa perjuangan bahwa untuk membuat satu bendera tidak mudah perlu perjuangan. Kita bisa lihat nilai perjuangan dan kita bisa lihat nanti betapa gagah beraninya warna merah dan betapa sucinya warna putih, setelah selesai dijahit akan kita gelorakan serta kibarkan dengan cara dibentangkan mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat sampai di Kota Banjar. Saat ini ada Bendera Merah Putih sepanjang 3000 meter hari ini di Kota Banjar sepanjang 3300 meter berarti lebih panjang dari yang dulu, secara de facto pembentangan Bendera Merah Putih ini seharusnya memecahkan Rekor Muri karena lebih panjang dari yang sudah ada dan melibatkan 6600 orang”, tegasnya.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

NASKAH DEKLARASI DAMAI OJEK PANGKALAN DENGAN OJEK ONLINE

  Hadirnya ojek maupun taksi online di Kota Banjar sempat mendapat pertentangan dari ojek dan …

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

 Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar melaksanakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, …