Home / Banjar Hari Ini / 16 Anggota Dewan Sahkan APBD Kota Banjar

16 Anggota Dewan Sahkan APBD Kota Banjar

  Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, dengan agenda pembahasan penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Badan Anggaran DPRD terhadap Raperda APBD Kota Banjar tahun 2019, Senin 17 Desember 2018 di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Banjar di skors selama satu jam, lantaran jumlah anggota DPRD yang hadir hanya 16 orang, sehingga tidak kuorum.
   Situasi sempat memanas karena tamu undangan dari para honorer yang hadir meminta anggota yang tak hadir untuk segera hadir. Dewan pembina honorer PGRI sekaligus pengurus PGRI Kota Banjar, Ruhimat SPd yang turut hadir menyayangkan tidak hadirnya beberapa anggota DPRD Kota Banjar pada pelaksanaan paripurna penetapan APBD Kota Banjar 2019.
   Menurut dia, ada beberapa anggota DPRD dari empat partai yang tidak hadir yakni dari partai Demokrat, PAN, PPP dan Hanura. Seharusnya mereka datang karena ini demi kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi. “Kalau sampai tidak final, rapat ini sangat emergency sekali, kita khawatir tidak hadirnya beberapa anggota dewan menghambat turunnya tunjangan guru dan honorer daerah, selama enam bulan kedepan,” tegasnya. Kata dia, jika sampai batas waktu yang ditentukan belum juga hadir, pihaknya akan menurunkan 4000 untuk menggeruduk rumah anggota dewan yang tidak hadir. “Kasihan yang honorer gajinya hanya Rp 250 ribu berbeda dengan anggota dewan sangat besar. Seharusnya mereka (anggota dewan, red) mikir! Ini demi kepentingan masyarakat banyak,” jelasnya. “Jika sudah tidak sanggup jadi dewan lebih mengundurkan diri saja. Mereka yang tidak hadir kalau perlu tidak perlu dipilih kembali,” tuturnya.
   Akhirnya meski hanya dihadiri oleh 16 orang anggota DPRD Kota Banjar, rapat paripurna Penyampaian Raperda APBD Kota Banjar tahun 2019 kembali dilanjutkan. Sebelumnya, rapat sempat diskor dan sempat dikonsultasikan langsung dengan Kemendagri, terkait tidak kuorum nya peserta atau tidak hadirnya beberapa anggota dewan. Namun, karena ada pertimbangan dan menyadari bahwa jumlah anggota DPRD Kota Banjar saat ini hanya berjumlah 24 orang, sebelumnya 25 anggota, maka rapat paripurna DPRD dilanjutkan meski dihadiri 16 orang anggota dan sudah dianggap kuorum.
   “Tadi konsultasi dulu dengan Kemendagri dan membolehkan melanjutkan rapat paripurna. Karena 2 pertiga dari jumlah anggota kan 16 orang. Jadi kuorum,” ujar Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R  Kalyubi  seusai rapat paripurna. Sehingga, kata dia, rapat paripurna raperda APBD Kota Banjar tahun 2019 ditetapkan atau disahkan dengan nominal Rp 800 miliar lebih untuk pembangunan Kota Banjar selama satu tahun kedepan. “Sudah tidak ada masalah lagi, karena sudah ditetapkan, dan Banjar berjalan seperti biasa,” tegasnya.
   Wali Kota Banjar berterima kasih kepada anggota dewan, kepala OPD, guru dan honorer yang hadir dan bersyukur karena Raperda APBD Kota Banjar akhirnya bisa ditetapkan, meski agak telat. “Alhamdulillah bisa ditetapkan juga, meski harus bersabar dan berjuang maka inilah hasilnya, ini juga untuk masyarakat Kota Banjar,” singkatnya.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

Jemaah Haji Telah Kembali ke Kota Banjar

Jum’at, 13 September 2019, Sebanyak 195 orang jemaah haji asal Kota Banjar bersama petugas kloter …

Wali Kota Kunjungi Perkebunan Bawang Merah dan Cabai di Binangun

Rabu, 11 September 2019, Wali kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengunjungi perkebunan bawang merah …