Home / Agama / SOSIALISASI MANASIK HAJI

SOSIALISASI MANASIK HAJI

       Sebanyak 179 Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Banjar yang terdiri dari 178 Calon Jamaah Haji Regular dan 1 Orang Calon Jamaah Haji Dinas, mereka mengikuti pembinaan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kota Banjar, yang bertempat di PUSDAI Kota Banjar,  Selasa, 25 Juli 2017.

     Dalam penyelenggaraan Haji, Pemerintah Daerah mendapat amanat untuk mengadakan pertemuan dengan calon jamaah haji sebanyak dua kali pertemuan tingkat kota dan tingkat kecamatan, tujuannya untuk memberikan pemahaman mengenai prosesi pelaksanaan ibadah haji.

      Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Kota Banjar, Endang Sarif Hidayat mengatakan bahwa calon jamaah haji Kota Banjar akan diberangkatkan dalam kloter 54 yaitu pada tanggal 12 Agustus 2017 sebanyak 179 orang, berkat adanya penambahan kuota haji untuk Indonesia sebesar 10 ribu orang sehingga secara otomatis menambah pula kuota bagi kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mendapat penambahan kuota sebanyak 1.200 orang, dengan adanya penambahan kuota tersebut, mengurangi waktu antrean haji dari 15 tahun menjadi 12 tahun. Kuota haji Kota Banjar mendapat penambahan dari 126 orang tahun lalu menjadi 179 orang tahun ini, berarti ada kenaikan sekitar 30 %.

     Dalam pembinaan manasik haji tersebut, diharapkan calon jamaah haji dapat memahami betul tata cara pelaksanaan haji, dan dapat mengatasi masalah-masalah yang mungkin muncul selama berada di Tanah Suci. “Yang terpenting adalah mempersiapkan mental para calon jamaah haji ketika menghadapi kesulitan selama berada di Tanah Suci, sebab permasalahan yang kerap muncul di Tanah Suci adalah karena perbedaan budaya, bahasa, dan kebiasaan sehari-hari, termasuk cuaca. Oleh karena itu, calon jamaah haji harus mampu beradaptasi dengan situasi di Tanah Suci.

     Wali Kota Banjar dalam sambutannya menjelaskan bahwa biaya transportasi haji dan makan selama di Tanah Suci ditanggung langsung oleh Pemerintah Kota Banjar, anggarannya 100 juta lebih, kalau ada lebihnya bisa digunakan untuk kegiatan lainya, ujarnya. Beliau menambahkan untuk penganggaran biaya transportasi dan makan untuk calhaj tersebut sudah dilakukan sejak jaman Wali Kota  H.Herman Sutrisno  dan mudah-mudahan calon jemaah haji bisa jadi haji yang mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan keadaan sehat dan selamat, Amin. 

Sumber     : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

CSR BJB

        Bertempat di Madrasah Miftahul Fallah Rw 04 Dusun Priagung Desa Binagun …

Tinggalkan Balasan