Home / RPJMD Kota Banjar Tahun 2014-2018

RPJMD Kota Banjar Tahun 2014-2018

Dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah disusun perencanaan pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

Perencanaan pembangunan daerah tersebut disusun secara berjangka yang meliputi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk jangka waktu 20 (dua puluh) tahun, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang merupakan penjabaran dari RPJMD untuk jangka waktu 1 (satu) tahun.
RPJMD merupakan dokumen perencanaan strategis sebagai penjabaran visi, misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kabupaten/kota dengan memperhatikan RPJM nasional dan RPJMD provinsi. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 150 ayat (3) huruf b Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. RPJMD memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum dan program Organisasi Perangkat Daerah, lintas Organisasi Perangkat Daerah dan program kewilayahan disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif. RPJMD tersebut akan menjadi pedoman bagi OPD dalam menyusun Rencana Strategis (Renstra) OPD dan kemudian dijabarkan kedalam dokumen RKPD dan Rencana Kerja (renja) masing-masing OPD.

Sebagaimana diatur dalam pasal 52 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, bahwa proses penyusunan RPJMD meliputi tahapan-tahapan seperti persiapan penyusunan, penyusunan rancangan awal, penyusunan rancangan, pelaksanaan musrenbang, perumusan rancangan akhir dan penetapan peraturan daerah tentang RPJMD.

RPJMD Kota Banjar yang akan disusun merupakan RPJMD ketiga dalam periode RPJPD Kota Banjar Tahun 2005-2025. Melihat perkembangan pembangunan Kota Banjar yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu Tahun 2003 – 2013 telah banyak memberikan hasil yang positif dalam berbagai segi kehidupan masyarakat. Namun demikian permasalahan pokok yang akan dihadapi pada lima tahun mendatang masih sangat berat, seperti bagaimana meningkatkan daya beli masyarakat Kota Banjar yang selama ini perkembangan peningkatannya paling lambat dibandingkan dua indikator lainnya dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yaitu indeks pendidikan dan kesehatan.
Untuk itu, tantangan dalam kurun waktu lima tahun ke depan, tidak hanya berorientasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi semata tetapi perlu didukung dengan pemerataan pembangunan, yang diiringi dengan penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan penciptaan lapangan kerja yang semakin luas.

Upaya penanganannya dilaksanakan dengan mempertimbangkan pendekatan sektoral dan kewilayahan perdusun, serta melibatkan partisipasi aktif dari pemangku kepentingan di Kota Banjar. Dalam rangka meningkatkan sinergitas, sinkronisasi dan integrasi segenap potensi di Kota Banjar tersebut, dibutuhkan sebuah rencana pembangunan yang dapat menjadi pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah di Kota Banjar dalam kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan. Sehubungan dengan hal tersebut, Walikota Banjar terpilih Hj. Ade UU Sukaesih, S.IP., M.Si. dan Wakil Walikota drg. Darmadji Prawirasetia, M.Kes. yang dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada tanggal 4 Desember 2013 berkewajiban menyusun RPJMD Kota Banjar Tahun 2014-2018.

Perda-No-4-2014-Tentang-RPJMD-Kota-Banjar-2014-2018 by dishubkominfoparkotabanjar

 

Daftar Isi by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-1 by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-2-1 by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-2-2 by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-2-3 by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-2-4 by dishubkominfoparkotabanjar

 

Bab-3 by dishubkominfoparkotabanjar

 

Bab-4a by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-5 by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-6a by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-6b by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-7 by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-8 by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-9a by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-9b by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-10 by dishubkominfoparkotabanjar

 

bab-11 by dishubkominfoparkotabanjar

Tinggalkan Balasan