Cetak ini Laman

PERDAGANGAN

Gambaran potensi sektor perdagang-an keadaan tahun 2010 dengan merinci kriteria perusahaan dagang menurut kecil, menengah dan besar, jumlah pasar, kios/los, distribusi beras di Perum Bulog Banjar dan lainnya.

Banyaknya perusahanan dagang nasional di Kota Banjar yang mendaf-tar pada tahun 2010 sebanyak 353 perusahaan, sedangkan pada tahun 2009 tercatat hanya 210 perusahaan. Perusahaan dagang yang masuk  kategori besar terdaftar sebanyak 8 buah (2,27 persen), menengah seba-nyak 40 buah (11,33 persen) dan perusahaan kecil sebanyak 305 buah (86,40 persen) yang tersebar di semua kecamatan.

Jumlah perusaahaan dagang nasional yang terdaftar berkategori besar, paling banyak terdapat di Keca-matan Pataruman, yaitu: sebanyak 4 perusahaan, kemudian disusul Keca-matan Banjar sebanyak 3 perusahaan, dan Kecamatan Purwaharja sebanyak 1 perusahaan. Sedangkan Kecamatan Langensari tidak ada lokasi baru perusahaan dagangan nasional berskala besar.

Sarana dan prasarana perda-gangan yang ada di Kota Banjar terdiri dari  pertokoan dan pasar, juga peda-gang kaki lima. Pasar yang dikelola pemerintah kota memiliki jumlah kios/ los sebanyak 2.095  buah dengan pedagang yang ikut terlibat didalam-nya sebanyak 1.461 orang. Sedang-kan jumlah PKL di Pasar pemerintah kota tercatat sebanyak 558 orang.

Perubahan jumlah kios/los dan pedagang tersebut diakibatkan masuk-nya pasar Muktisari dan Pasar Bojong-kantong Kecamatan Langensari menjadi pasar yang dikelola peme-rintah kota, padahal sebelumnya masih berupa pasar desa.

Keberadaan gudang beras BULOG di Kota Banjar berperan serta dalam sektor perdagangan, terutama dalam stabilitas harga beras dan ketersediaan beras terutama untuk stok daerah. Stok beras awal tahun 2010 sebanyak 103.456,9 ton (bruto).

Beras yang disalurkan sebanyak 11.869,3 ton untuk kegiatan raskin, 5,7 ton untuk karyawan/pensiunan dan lain-lain sebanyak 8,03 ton. Stok beras akhir Tahun 2010 tercatat sebanyak 98.603,7 Ton.

Tautan permanen menuju artikel ini: http://banjarkota.go.id/perdagangan/

Tinggalkan Balasan