Home / Berita Banjar / KOTA BANJAR RAIH ADIPURA KE-5 KALINYA

KOTA BANJAR RAIH ADIPURA KE-5 KALINYA

195-adipura      Kota Banjar secara beruntun kembali mendapatkan Penghargaan Adipura untuk yang ke-lima kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, setelah sebelumnya di tahun 2013, 2014, 2015, dan 2016 pernah meraih anugerah serupa. Penghargaan tersebut diterima oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada acara puncak peringatan hari lingkungan hidup di Auditorium Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia – Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

195-adipura-17        Wali Kota Banjar sangat bersyukur dengan raihan tersebut, “Alhamdulillah Anugerah Adipura ini adalah yang kelima kalinya dan kami bisa mempertahankannya, semua ini tidak lepas dari andil semua pihak di Pemerintah Kota Banjar yang secara terus menerus berinovasi dalam menyikapi permasalahan lingkungan, para aparat pemerintahan wilayah seperti camat, kades dan lurah. Juga termasuk semua masyarakat yang bersama-sama menjaga lingkungan sekitarnya supaya tetap bersih dan nyaman untuk ditinggali. Semua ini berkat team work bukan hasil kerja keras saya saja,” ujar Hj.Ade Uu Sukaesih seusai menerima Piala Adipura 2017.

      Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa untuk mewujudkan kota yang bersih, hijau dan sehat tentunya dibutuhkan kerjasama semua pihak. Berbagai isu serta permasalahan lingkungan khususnya di wilayah perkotaan, tentunya butuh penataan dan kepedulian dari kita semua sebagai masyarakat khususnya di Kota Banjar. Untuk menciptakan lingkungan bebas dari sampah, selain terus meningkatkan sarana dan prasarana kebersihan, Pemkot Banjar juga terus memberdayakan masyarakat melalui komunitas-komunitas peduli lingkungan yang ada di tiap wilayah dan terus memaksimalkan bank-bank sampah serta pengelolaannya melalui daur ulang sampah. “ Segala potensi yang ada harus diberdayakan. Tak hanya petugas dan perangkat kebersihan, Komunitas Peduli Sampah, dan komunitas lingkungan lainnya ataupun bank sampah yang tersebar di tiap kecamatan pun kami terus maksimalkan. Mereka adalah mitra Pemkot dalam menata lingkungan agar senantiasa bersih, hijau serta sehat. Kami akan terus berkolaborasi demi mewujudkannya,” tegasnya.

        Beliau juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya menjaga kebersihan lingkungan. Di mana atas kerjasama dan kepedulian kita semua, Kota Banjar menjadi salah satu kota yang meraih penganugerahan Piala Adipura dari KLHK, capaian yang sudah baik tersebut, tentunya harus dipertahankan dan ditingkatkan. “Bukan karena penghargaannya, tapi bagaimana terus membudayakan dan menanamkan kesadaran dan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kota Banjar karena itulah tugas kita bersama, Pemerintah kota dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Banjar,” Pesannya.

     Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan bahwa penghargaan Adipura harus menjadi motivasi dalam meningkatkan mutu pelestarian lingkungan hidup. Kepada kota dan kabupaten peraih Adipura 2017 diharapkan bisa membuat banyak inovasi yang membuat Indonesia semakin sehat dan bersih.  ” Ini harus menjadi motivasi, Adipura bukan sebagai tujuan utama, yang terpenting lingkungan sekitar kita selalu bersih dan nyaman. Karena, lingkungan yang sehat akan menjadi bekal dan warisan untuk generasi yang akan datang. Dengan situasi sekarang, diharapkan kita dapat sama-sama menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar,” katanya

 Sumber     : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Rakor Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) Kota Banjar 2017

        Untuk memantapkan pelaksanaan program PKH ini, Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas …

Tinggalkan Balasan