«

»

Cetak ini Pos

Peringatan HUT Satpol PP ke-67 dan Satlinmas ke-55

75-a-hut-satpol-pp-2          Dalam rangka HUT Satpol PP ke-67 dan Satlinmas ke-55, Walikota memberikan apresiasi dan turut mengungkapkan rasa bangga atas pengabdian yang telah dilakukan Satpol PP dan Satlinmas. Peringatan ini berlangsung Senin 17 April 2017 bertempat di Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar. Sebenarnya HUT Satpol PP ke-67 dan Satlinmas ke-55 jatuh pada tanggal 03 Maret lalu, tetapi di Kota Banjar dilaksanakan Senin, 17 April 2017. Walikota menyampaikan ucapan dirgahayu dan rasa terima kasih untuk Satpol PP dan Satlinmas. Beliau menyebutkan pentingnya Satpol-PP dan Satlinmas karena sebagai garda terdepan dalam menegakkan peraturan daerah serta perlindungan terhadap masyarakat. “Atas nama Pemerintah dan pribadi saya mengucapkan dirgahayu Satpol PP ke-67 dan dirgahayu ke-55 Satlinmas serta turut bangga atas pengabdian yang telah dilakukan,” ujarnya.

         Hadir dalam acara tersebut ini Wakil Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes, Kepala Satpol-PP Provinsi Jawa Barat, Dr, H. Endjang Naffandy, Drs, M.Si, Kasatpol PP Banjar, Drs, R.Eddy Nurjaman M.si, Ketua DPRD Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si, Plt. Sekda Kota Banjar, Drs. Yuyung Mulyasungkawa, M.Si, Para Kepala OPD, Ka-Satpol-pp Kab / Kota tetangga yaitu dari Pangandaran, Ciamis, Kuningan dan Tasikmalaya, FKPD Kota Banjar, Camat, Lurah, dan Kades serta Anggota Satpol-PP dan Satlinmas Kota Banjar, dan tamu undangan lainnya.

         Kasatpol-pp Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa Tema HUT Satpol PP ke-67 dan Satlinmas ke-55 Tahun 2017 ini adalah “ Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Menjaga Ketertiban Umum dan Menjaga Kemajemukan Masyarakat di daerah di wilayah NKRI”. Satpol-PP merupakan potensi yang besar yang harus dimanfaatkan dan akan bertambah kuat dengan pemanfaatan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dengan kegiatan-kegiatan seperti pelibatan kegiatan deteksi dini, pengamanan bersama kepolisian, pertahanan, ancaman bencana dll. Semangat “KORPS” harus terus ditumbuh-kembangkan bersama dan Satpol PP mempunyai tugas tujuan yang sama sebagai garda terdepan di daerah dalam menegakkan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat.

         Walikota Banjar bertindak langsung sebagai inspektur upacara dalam peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas, sebagai pembina Satpol-PP Kota Banjar, beliau mengungkapkan bahwa Satpol PP harus mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Hal ini lantaran mengingat banyaknya ancaman, halangan, tantangan yang dapat mengganggu ketentraman di masyarakat. Keberadaan Satpol PP menurut Walikota akan berpotensi lebih kuat tentunya apabila dibantu oleh Satlinmas. Dengan bertambahnya usia Satpol PP dan Satlinmas, beliau terus menekankan pentingnya dialog serta mengajak Satpol PP dan Satlinmas tetap bersikap ramah kepada masyarakat. “Dalam menjalankan tugasnya harus mengedepankan dialog  dengan senyum ramah terhadap masyarakat dan meninggalkan pola pikir “dilayani” menjadi “melayani” masyarakat dimanapun berada. Satpol PP harus ada dimana masyarakat membutuhkan.

            Sementara itu Mendagri, Tjahyo Kumolo dalam amanatnya pada peringatan HUT Satpol-pp ke-67 dan Satlinmas ke-55 di Kupang NTT, 03 Maret 2017  menyampaikan 4 point penting diantarnya: 1. Saya sebagai Pembina Satpol PP Nasional selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan Satpol PP sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara,  2. Satpol PP harus memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas segala ancaman, halangan, tantangan terkait ketertiban umum dan ketentraman yang terjadi di tengah masyarakat,  3. Satpol PP dalam melaksanakan tugasnya harus membuka dialog terlebih dahulu kepada seluruh lapisan masyarakat atas langkah dan kebijakan yang akan diambil dengan tetap memegang teguh peraturan per UU yang berlaku,  4. Satpol PP harus selalu peka terhadap segala bentuk perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sehingga dapat melakukan langkah-langkah antisipatif untuk menghindari dampak yang lebih besar, dan Satpol PP harus meningkatkan disiplin, dedikasi dalam tugasnya dan tingkatkan jejaring kerja baik dengan sesama anggota Satpol PP maupun unsur-unsur lain seperti Kepolisian, TNI dalam mendukung tugas dan fungsi di lapangan.

(Sumber       : Bagian Humas Setda Kota Banjar)

Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

Tautan permanen menuju artikel ini: http://banjarkota.go.id/kegiatan-walikota-wakil-walikota/peringatan-hut-satpol-pp-ke-67-dan-satlinmas-ke-55/

Tinggalkan Balasan